Nasional

Banyak WNI berobat ke luar negeri, Menkes minta RS tingkatkan pelayanan

Menkes Nila Farid Moeloek.

GILANGNEWS.COM - Menteri Kesehatan (Menkes), Nila Farid Moeloek mengunjungi dua rumah sakit di Yogyakarta yaitu RSUP Dr. Sardjito dan RS Akademik UGM, Sabtu (3/3). Dalam kunjungannya Menkes sempat melihat beberapa fasilitas yang ada seperti bangsal perawatan dan ruang jantung terpadu.

Menkes mengatakan dirinya melihat saat ini pelayanan kesehatan yang diberikan sudah berpihak kepada masyarakat. Selain itu rumah sakit di Indonesia juga sudah bagus dan berbeda kondisinya dengan rumah sakit di masa lalu.

"(Rumah sakit) Bagus sekali sekarang. Saya apresiasi ini. Anda lihat rumah sakit zaman baheula. Beda bangetlah ya. Rumah sakit, manusiawi sekarang," ujar Nila di RS Akademik UGM.

Nila menyampaikan bahwa rumah sakit di Indonesia memiliki sumber daya manusia (SDM) yang sebenarnya bagus. Namun, jika tak memiliki sarana maupun alat kesehatan yang mumpuni maka SDM yang bagus akan sia-sia.

"SDM kita bagus-bagus. Tapi kalau enggak punya alat kapan kita lakukan. Sarana kan kita lengkapi. SDM ada, sarana kita lengkapi, enggak perlu (berobat) ke luar negeri lagi," ungkap Menkes.

Menkes menjabarkan saat ini masyarakat di Indonesia lebih banyak berobat di luar negeri dan tak mau berobat di dalam negeri. Hal ini, lanjut Menkes perlu dilakukan introspeksi dari pelayanan kesehatan.

"Perlu introspeksi, apakah ada yang salah dengan pelayanan kita? Ada yang salah dengan kualitas kita atau karena tidak ada inovasi," tanya Menkes.

Menkes menuturkan rumah sakit perlu berjuang untuk lebih baik agar bisa bersaing dengan rumah sakit di luar negeri. Rumah sakit, sambung Menkes tidak boleh kalah dengan rumah sakit di luar negeri.

"Rumah sakit perlu memikirkan SDM nya untuk meningkat lagi. Tidak hanya melayani tetapi kualitas itu penting," tutup Menkes.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar