Pekanbaru

Harga Minyak Dunia Naik, Angin Segar Bagi DBH Riau

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Syahrial Abdi.

GILANGNEWS.COM - Naiknya harga minyak mentah dunia tahun 2018 menjadi angin segar bagi provinsi Riau, yang notabenya daerah penghasil minyak dan gas (Migas).

"Kalau minyak dunia naik tentu ini jadi angin segar bagi Dana Bagi Hasil (DBH) Riau," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Syahrial Abdi, kepada wartawan, Ahad (4/3/2018).

Kabar menggembirakan itu, sebut Syahrial, tentunya produksi Migas Riau dapat ditingkatkan dan dipertahankan, supaya lifting secara otomatis akan terjadi kenaikan.

"Perhitungan DBH itu berdasarkan basicly lifting. Harapan kita kalau produksi bisa dipertahankan dan ditingkatkan, harga naik, lifting pasti akan terjadi kenaikan, instrumen perhitungan DBH pasti akan naik. Sepanjang faktor-faktor pengurang yang menjadi komponen recovery tidak ikut naik," terangnya.

Kalau faktor pengurang yang menjadi komponen recovery ikut mengalami kenaikan, lanjut mantan Pj Bupati Kampar ini, maka akan berimplikasi terhadap bagi hasil Migas.

"Tentu kita tidak berharap itu. Itu perkiraan kita kalau sampai komponen recovery ikut naik," tukas mantan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau ini.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar