Dunia

Kalah Taruhan, Raja Arab Saudi Bikin Megah Berkapasitas 135 Ribu Kursi

Raja Salman akan membuatkan Irak stadion terbesar di dunia dengan kapasitas 135 ribu kursi.

GILANGNEWS.COM - Raja Salman bin Abdul Aziz dari Arab Saudi akan memberikan hadiah stadion berkapasitas 135 ribu kursi kepada Irak. Stadion ini juga akan menjadi stadion terbesar di dunia.

Irak mendapat hadiah tersebut setelah timnas mereka mengalahkan Arab Saudi dengan skor 4-1 di hadapan 65 ribu penonton di Stadion Basra Sport City pada 28 Februari 2018. 

Dilansir dari The Sun pada Minggu (11/3), sebelum pertandingan persahabatan itu, Raja Salman akan membuatkan sebuah stadion megah bila timnas Irak mengalahkan Arab Saudi.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengatakan ia mendengar kabar langsung dari Raja Salman tentang pembuatan stadion tersebut.

TERKAIT

"Saya menerima sebuah hubungan telepon dari Raja Salman bin Abdul Aziz. Dia memberi selamat atas kemenangan Irak adalam pertandingan persahabatan, dan mengekspresikan kesalah dan komitmen untuk hubungan hubungan positif antara Irak dan Arab Saudi di tingkat yang berbeda," kata Al-Abadi.

Timnas Arab Saudi kalah 1-4 dari Irak dalam laga uji coba pada akhir Februari lalu.Timnas Arab 

"Hubungan ekonomi, komersial, komunal, kultural, di semua tingkat yang menjadi kepentingan kedua negara [Irak dan Arab Saudi]. Dia juga menawarkan kontribusi Arab Saudi untuk membuat stadion utama di Irak yang bisa menampung 100 ribu orang," tambah Al-Abadi. 

Seperti stadion sepak bola terbesar di Irak saat ini yang menjadi lokasi pertandingan persahabatan itu, hanya memiliki kapasitas 65 ribu penonton.

"Kami menyambut hal tersebut [pembuatan stadion] dan hal itu sudah disampaikan ke kabinet pemerintahan Irak," ucap Al-Abadi.

Laga persahabatan Irak melawan Arab Saudi ini merupakan yang pertama sejak invasi Kuwait pada tahun 1990, yang merupakan embargo internasional.

Dalam kemenangan 4-1 itu, gol-gol Irak tercipta berkat bunuh diri bek Arab Saudi Saeed Al Yami menit ke-21. Penyerang Irak Emad Mohsin gol gol ke-47, dan dua gol dari penyerang Irak Muhanad Ali (ke-51 dan 71). 

Sementara satu-satunya gol Arab Saudi disumbang Hassan Muath Fallatah pada menit ke-57. ***


Tulis Komentar