Nasional

Gerindra Deklarasi Prabowo Jadi Capres di Rakornas

Prabowo Subianto akan dideklarasikan sebagai calon presiden dalam gelaran rapat koordinasi nasional Gerindra, awal April.

GILANGNEWS.COM - Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon mengisyaratkan ketua umum partainya, Prabowo Subianto, akan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Fadli mengatakan deklarasi Prabowo jadi calon presiden itu akan dilakukan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gerindra yang dijadwalkan digelar awal April 2018.

"Nanti Rakornas yang rencananya akan diselenggarakan awal April akan ada deklarasi," ujar Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Senin (12/3).

Fadli menerangkan deklarasi yang dilakukan seluruh DPD Gerindra merupakan inisiatif setiap Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra. Sebelumnya, saat merayakan hari ulang tahun partai pada akhir pekan lalu, sebanyak 34 DPD Gerindra termasuk DKI Jakarta melakukan deklarasi mendukung Prabowo untuk kembali bertarung dalam Pilpres.

Fadli mengklaim Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra tidak memberikan instruksi kepada DPD Gerindra untuk melakukan deklarasi tersebut. Meski begitu, pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPR ini menegaskan tidak ada sosok selain Prabowo yang bakal dicalonkan Gerindra dalam Pilpres tahun 2019.

"Kalau capres kami pasti mencalonkan Pak Prabowo, bukan orang lain," ujarnya.

Di sisi lain, Fadli menerangkan Gerindra belum menentukan calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo. Ia berkata posisi cawapres akan dibahas bersama partai koalisi. Pembahasan posisi itu, kata dia belum mendesak dilakukan karena pendaftaran capres dan cawapres dilakukan bulan Agustus 2018.

Lebih dari itu, Fadli mengklaim Gerindra sudah berkomunikasi dengan sejumlah parpol untuk membangun koalisi.

Rembuk Ketua DPD Gerindra Se-Indonesia

Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra Andre Rosiade mengatakan seluruh Ketua DPD Gerindra se-Indonesia akan berembuk malam ini. Andre mengatakan pertemuan para ketua DPD Gerindra akan digelar di Hotel DoubleTree by Hilton Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat, sekitar pukul 19.00 WIB, Senin (12/3).

"Pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut deklarasi yang telah dilakukan 34 DPD Gerindra di daerahnya masing-masing kemarin," kata Andre kepada CNNIndonesia.com.

Andre mengatakan pertemuan tersebut dilakukan untuk membahas langkah selanjutnya guna mendorong Prabowo segera mendeklarasikan diri sebagai Capres 2019. Ia mengatakan untuk jadwal malam nanti seluruh ketua DPD sudah konfirmasi hadir dalam pertemuan malam nanti.

"Untuk membahas langkah lanjutan agar mendorong Pak Prabowo segera mendeklarasikan diri sebagai capres 2019," tuturnya.

Hasil pertemuan malam nanti, kata Andre bakal diserahkan kepada DPP Gerindra. Pertemuan para ketua DPD ini dilakukan sebagai bentuk komitmen seluruh kader mendorong Prabowo kembali ikut dalam perebutan kursi RI di Pilpres 2019.

"DPD mendorong DPP agar segera mendeklarasikan pak Prabowo," tutur Andre memaparkan harapan kader Gerindra di akar rumput yang menginginkan Prabowo menjadi presiden.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar