Pekanbaru

Andi: Pemprov Riau Telah Kucurkan Rp88,62 Miliar untuk Replanting 2.715 Ha Sawit

GILANGNEWS.COM - Program replanting (peremajaan) kepala sawit yang dicanangkan oleh pemerintah pusat telah dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Riau. Tercatat anggaran yang telah dikucurkan kepada petani kelapa sawit yang ada di Riau sebesar Rp88,62 Miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh calon Gubernur Riau nomor urut 4 Arsyadjuliandi Rachman, kepada masyarakat Desa Mukti Sari Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar dalam kampanye dialogis pasangan Andi Rachman-Suyatno (AYO), Senin (13/3/2018).

"Jadi kita di Riau ini sudah mereplanting sebanyak 2.715 hektar lahan kepala sawit milik mayarakat yang tersebar di beberapa kabupaten. Untuk di Kabupaten Kampar itu di daerah Perhentian Raja seluas 287 Ha, dengan anggaran sebesar Rp6,85 miliar," ujar Andi Rachman.

Dijelaskan Andi, yang masih menjabat sebagai Gubernur Riau dalam masa cuti, Pemerintah Provinsi Riau siap menampung permintaan petani sawit untuk mereplanting lahan sawit mereka. Namun dengan syarat lahan sawit tersebut milik masyarakat bukan milik perusahaan.

"Yang jelas kita sudah memulai replanting sawit bagi masyarakat. Selagi lahan itu milik masyarakat bukan milik perusahaan. Usulkan saja nanti akan diproses," kata Andi Rachman.

Pada kesempatan tersebut Andi Rachman membeberkan data kabupaten yang telah menerima program replanting kelapa sawit, baik dari KUD maupun kelompok tani, diantaranya, Kabupaten Siak 109 hektar. Kabupaten Rohul 2.278 dan Kabupaten Rohil, 324 ha.

"Untuk Riau kita mendapatkan seluas 30 ribu ha lahan sawit yang direplanting. Tahun ini 12 ribu lebih, semua Kabupaten dapat," ungkap Andi Rachman.

Calon Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman membeberkan jumlah lahan yang telah direplanting di Riau, setelah mendapatkan pertanyaan dari petani sawit di Desa Mukti Jaya.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar