Nasional

Koordinasi dengan Komnas HAM, KPK Siap Selesaikan Kasus Novel

Penyidik senior KPK Novel Baswedan.

GILANGNEWS.COM - Gedung KPK pada Jumat (16/3/2018), disambangi sejumlah komisioner Komnas HAM dan tim pemantau khusus kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

Kedatangan mereka untuk berkoordinasi dengan para pimpinan KPK. Lima orang pimpinan KPK menyambut baik kedatangan tersebut.

"Tim Komnas HAM diterima lima pimpinan KPK, di sana bicara koordinasi tentang banyak hal terutama terkait dibentuknya tim pemantau pengembangan penanganan kasus Novel Baswedan," ujar juru bicara KPK, Febri Diansyah di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018).

Penyerangan terhadap Novel yang terjadi pada April 2017 lalu, terangnya, juga menyinggung kinerja KPK dalam menumpas pemberantasan korupsi di tanah air.

"Sekaligus disebut sebagai serangan terhadap para pembela hak asasi manusia," tegasnya.

Senada, Wakil Ketua KPK Laode M Syarief menyebut dukungan Komnas HAM membentuk tim khusus pemantau kasus penyerangan Novel Baswedan selaras dengan apa yang tengah dikerjakan oleh Polri dan KPK untuk menemukan pelaku penyerang terhadap penyidik senior lembaga antirasuah tersebut.

"Komnas HAM akan terus berkomunikasi dengan KPK, di KPK sudah memiliki timnya, maka tim itu akan menjadi partner dengan tim yang dibentuk Komnas HAM," katanya.

Atas pembentukan tim pemantau khusus kasus penyerang Novel dari Komnas HAM, dia pun berharap setelah tiga bulan Komnas HAM dapat memberikan rekomendasi titik terang terkait terduga pelaku penyerang Novel.

"Mudah-mudahan tiga bulan ini bisa berikan rekomendasi yang baik untuk KPK maupun Polri," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemantau Khusus Kasus Penyerangan Novel Baswedan, Sandra Moniaga mengatakan, pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin untuk mengupas siapa pelaku penyerang terhadap penyidik senior KPK tersebut.

Pihaknya, kata dia lagi, akan bekerja dengan semangat pemberantasan antikorupsi untuk menemukan penyerang Novel.

"Komnas HAM bekerja dalam spirit mendukung kegiatan antikorupsi," tegasnya.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar