Pekanbaru

Biaya Perawatan Minim, Siap-Siap Jalan Riau Banyak Berlubang Tahun Ini

GILANGNEWS.COM - Anggota DPRD Riau, Abdul Wahid menyebutkan anggaran pemeliharaan dan perawatan di tahun 2018 ini sangat minim.

Dikatakan Abdul Wahid, tahun ini biaya perawatan dan pemeliharaan jalan hanya berkisar di angka Rp30 miliar. Dengan ruas jalan provinsi ada di angka 3.100 km, biaya perawatan tersebut dirasakan sangat kurang sekali.

"Padahal, biasanya untuk perawatan biaya Rp250 miliar pertahun. Untuk peningkatan jalan biasanya Rp300 miliar. Sekarang, paling Rp30 sampai Rp50 miliar," kata Abdul Wahid, Selasa 20 Maret 2018.

Dikatakan Abdul Hamid, salah satu penyebab rendahnya anggaran untuk perawatan dan peningkatan jalan tahun 2018 ini adalah tersedotnya anggaran untuk pembangunan gedung pemerintah, fly over, serta pembangunan Jembatan Siak IV.

"Seperti tahun ini, anggaran untuk Dinas PUPR itu Rp1,5 triliun. Nah, hampir Rp1 triliun itu sudah terserap untuk pembangunan kantor Polda, kantor Kejati, Jembatan Siak IV, 2 fly over di Soekarno-Hatta," terang Wahid.

Untuk perawatan jalan sendiri, akan memakan biaya sesuai dengan tingkat kerusakaannya. Bisa Rp2 atau Rp3 miliar di setiap kerusakan.

"Karena itu, saya yakin kalau jalan tahun ini rusak semua. Tidak ada biaya perawatan," tutupnya.


Tulis Komentar