Pekanbaru

Dimusnahkan, Ternyata Ini Bahaya Makanan Impor Tak Berdokumen

GILANGNEWS.COM - Balai Karantina Pertanian Kelas I Pekanbaru musnahkan puluhan kilogram bahan makanan impor tak berdokumen. Bahan makanan tersebut dikhawatirkan dapat menyebarkan bibit penyakit ke Indonesia.

"Pemusnahan dilakukan untuk mencegah masuknya hama penyakit dari luar negeri ke Indonesia," kata Kepala Balai Karantina Pekanbaru, Imam Djajadi saat menggelar pemusnahan, Jumat 23 Maret 2018.

Bahan makanan tersebut juga dikhawatirkan akan menyebarkan berbagai macam bakteri dan virus yang belum ada sebelumnya di Indonesia. Hal tersebut dikhawatirkan dapat mengancam kesehatan manusia.

"Menghindari masuknya serangga, jamur, bakteri dan virus penyebab penyakit tanaman yang belum ada di Indonesia. Selain itu juga menghindari adanya bahan cemaran kimia dan biologi yang berbahaya bagi kesehatan manusia," ujar Djajadi.

Selain itu, pada komoditas hewan juga terdapat berbagai macam penyakit yang dikhawatirkan dapat menyebar Di Indonesia, khususnya di Riau. Salah satu penyakit tersebut adalah penyakit hog cholera.

"Pada hewan, dimusnahkan untuk mencegah masuknya penyakit hog cholera, penyakit sapi gila, penyakit mulut dan kuku. Penyakit-penyakit tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan manusia," pungkas Djajadi.

Djajadi menambahkan bahan makanan yang masuk secara tidak resmi keamanan pangannya tidak terjamin.

"Bahan makanan tidak resmi tidak dilakukan pengujian kesehatan terlebih dahulu di negara asalnya, sehingga berbahaya," ujarnya.

Seperi diberitakan sebelumnya, sebanyak lebih dari 45 kilogram bahan makanan impor tak berdokumen dimusnahkan oleh Balai Karantina Pertanian Kelas I Pekanbaru pagi tadi, Jumat 23 Maret 2018.


Tulis Komentar