Pekanbaru

Cagub Riau Janjikan Pendidikan Gratis, Dewan Pendidikan: Sulit Direalisasikan

Zulkarnaen Noerdin.

GILANGNEWS.COM - Sudah menjadi kebiasaan, setiap dilaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada), para calon gubernur berlomba-lomba menjanjikan program terbaik, salah satunya pendidikan gratis.

Dewan Pendidikan Provinsi Riau (DPPR) meminta kepada calon gubernur Riau agar tak menjanjikan pendidikan gratis jika pada akhirnya nanti tidak terealisasi dan mengecewakan masyarakat.

"Kalau menurut saya, jangan menjanjikan biaya pendidikan gratis, kalau biaya murah iya, tapi tidak gratis. Artinya yang digratiskan itu warga yang benar-benar tidak mampu, jadi harus dipilah pilah begitu. Gratis bagi mereka yang tidak mampu saja bukan untuk semuanya," kata ketua DPPR, Zulkarnaen Noerdin kepada wartawan, Selasa (27/3/2018).

Ia menambahkan, di konstitusi negara berkewajiban untuk memajukan pendidikan dan mensejahterakan kehidupan bangsa akan tetapi sampai saat ini pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten belum mampu sepenuhnya membiayai pendidikan.

"Kalau menurut saya, pendidikan itu gratis bagi mereka yang benar-benar tidak mampu saja, tapi kita enggak tahu hitung-hitungan mereka (Cagub), mungkin mereka punya perhitungan yang matang. Tapi kita perlu ingatkan juga kepada para Cagub jangan menjanjikan itu (pendidikan gratis) karena apa yang dijanjikan itu nanti sulit untuk direalisasikan," cakapnya lagi.

Selanjutnya, ia mengatakan soal janji gratis itu sudah lama juga terdengar bahkan dari Pilkada sebelumnya, akan tetapi sangat sulit untuk direalisasikan.

"Untuk apa kita janji kampanye kalau tak bisa direalisasikan. Apalagi saat APBD kita menurun, pada beberapa tahun yang lalu APBD kita besar itu sulit untuk menggratiskan, untuk itu jangan memberi harapan kepada masyarakat, hampir semua calon menyampaikan seperti itu, maka kita khawartir akan mengecewakan masyarakat," tukasnya.


Tulis Komentar