Pekanbaru

Sport Centre Madani Sudah Bisa di Fungsikan 

GILANGNEWS.COM - Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi, beberapa waktu lalu, meninjau Sport Centre Madani di Kecamatan Tenayan Ray. Didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Zulfahmi, Ayat Cahyadi terlihat begitu antusias.

Ayat Cahyadi pantas saja bersuka cita, sebab sport center merupakan salah satu upaya Pemko Pekanbaru dalam meningkatkan semangat olahraga serta mencetak bibit atlet handal.

"Perkembangan Sport Centre tersebut saat ini sudah bisa digunakan untuk sarana sepak takraw dan bulu tangkis," kata Zulfahmi kepada Ayat Cahyadi yang juga didampingi Camat Tenayan Raya, Pengurus KONI Pekanbaru, serta pengurus Bulutangkis dan sepak Takraw.

"Sudah bisa dipakai untuk kejuaraan tingkat daerah dan nasional" ujar Zulfahmi.

Dia juga mengatakan bahwa tahun ini juga akan dibangun untuk venue olahraga volli dan basket.

"Disamping itu bumi perkemahan untuk pembentukan karakter pemuda sudah berjalan, arena motor cross sudah tersedia," tambahnya.

Walaupun demikian dikatakannya untuk pembangunan stadion sepakbola belum dikerjakan sama sekali.

Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSI, mengatakan, Rencana strategis Pemko di Tenayan Raya juga terkait dengan pembangunan pusat olahraga dan kepemudaan. Sport center yang berada di jalan Pelembang masih di wilayah Kecamatan Tenayan Raya. 

Di lokasi tersebut akan berdiri berbagai fasilitas olahraga serta Bumi Perkemahan milik Pekanbaru yang diperkirakan mampu menampung 1500 orang lebih. Dari maket yang sudah disiapkan, terdapat berbagai fasilitas seperti Rute Sirkut dengan panjang lintasan 3 kilometer, lapangan tenis, lapangan sepak bola dengan standar nasional, Gor tenis, gor bulutangkis, gor Futsal, gor volleyball dan gor sepaktakraw.

Tidak hanya itu, di lokasi ini juga akan ada taman serta ruang terbuka hijau yang bias menjadi lokasi wisata masyarakat pekanbaru maupun wisatawan yang datang ke Pekanbaru. Mendukung akses tersebut, Pemko juga membangun akses jalan sepanjang 8 kilometer menuju lokasi sport center dari jalan parit indah maupun di jalan menuju Labersa Hotel. Dengan akses jalan tersebut, jarak antara Bandara Sulatan Syarif Kasim II ke lokasi bisa ditempuh hanya 15-20 menit saja atau lebih dekat dari pusat kota. 

Menurutnya, arah pembangunan kedepan adalah pembangunan di Kecamatan Tenayan Raya yang sudah memiliki program strategis. Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2x100 MW di Lokasi Kawasan Industri Tenayan Raya (KIT) sudah dimulai sejak lama. Mendukung kondisi tersebut, Pemko  juga menyiapkan berbagai program strategis lainnya sehingga membuka isolasi dan pemerataan pembangunan. Diatas lahan Teluk Lembu Ujung sudah dibangun Rumah Susun (Rusun) melalui anggaran pusat dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU) yang diproyeksikan menjadi tempat untuk pekerja di wilayah KIT dan sekitarnya. Rusun juga dibangun jalan yang akan memiliki tiga jalur yang menjadi jalur yang sangat besar dan memperlancar akses transportasi di Pekanbaru. Jalan yang menjadi bagian dari Ring Road  tersebut menjadi jalur penghubung lintas timur dengan lintas tengah Sumatera.

Akses jalan dari titik wilayah Tenayan Raya menuju Okura, Jalan Yos Sudarso, melewati Jembatan Siak II dan terus ke Pantai Cermin hingga ke Jalan Garuda Sakti. Untuk tahap pembukaan atau perintisan, sudah dimulai dari Tenayan hingga ke Okura yang menelan biaya sebesar Rp23 miliar. Sedangkan untuk tahap pertama, akan dibangun sepanjang 17 kilometer dengan luas 70 meter serta tahap kedua sepanjang 22 kilometer. Secara rinci, jalan tersebut akan di mulai dari Jalan Badak hingga Jalan Lintas Timur dengan panjang 3,6 Km, Lintas Timur ke Siak Hulu sepanjang 4,2 Km, Jembatan Siak V di Okura menuju akses jalan Tol sepanjang 14 Km, Jalan depan Rusunawa Teluk Lembu Ujung ke wilayah Kawasan Industri Tenayan (KIT) sejauh 6 Km serta jalan melingkari kawasan perkantoran sejauh 2 Km yang membuka akses untuk semua wilayah di Pekanbaru

Jon Romi Sinaga, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, menanggapi antusias perkembangan sport center madani yang dibangun oleh Pemko Pekanbaru. Menurutnya, apa yang dilakukan Pemko Pekanbaru merupakan terobosan luar biasa dalam mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

"DPRD tentu sangat mendukung terhadap apa yang dilakukan oleh Pemko. Semoga dengan adanya Sport Centre Madani, Pekanbaru dapat bersaing dengan daerah lain dalam bidang olahraga," ujarnya. (Advetorial)

 


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar