Pekanbaru

Beri Arahan Khusus, Kapolda Riau Minta 2 Kapolres yang Baru Dilantik Fokus Tangani Penyelundupan Hin

Prosesi Sertijab Kapolres Rohul dan Bengkalis yang baru, dilakukan Kapolda Riau Irjen Nandang pada Kamis pagi di aula Brimobda Polda Riau.

GILANGNEWS.COM - Kapolda Riau Irjen Nandang memberikan arahan khusus kepada dua Kapolres yang baru dilantik, Kamis (5/4/2018) pagi tadi. Bahkan jenderal bintang dua ini memanggil keduanya pada malam sebelum serah terima jabatan (Sertijab) digelar.

Irjen Nandang mengungkapkan, yang menjadi arahan khususnya, agar Kapolres Bengkalis dan Rohul yang baru dilantik tersebut, fokus dalam menangani kasus, dua diantaranya yang paling menonjol adalah terkait penyelundupan dan peredaran Narkoba.

"Tadi malam langsung ketemu saya, bahas masalah Narkoba serta penyelundupan yang masuk dari negara tetangga. Kemudian potensi-potensi konflik. Ini diperlukan kecepatan dalam mengatasi masalah dan Kapolres harus segera mempelajari," tutur Nandang.

Bukan tanpa alasan, Kabupaten Bengkalis geografisnya berada dekat dengan perbatasan negara luar, serta memiliki wilayah perairan dan banyak pelabuhan tikus. Ini menjadi rawan masuknya penyelundupan, termasuk Narkotika. Itu juga merujuk dari beberapa pengungkapan kasus sebelumnya.

Diketahui, sejumlah Narkoba masuk melalui daerah Bengkalis melalui perairan. Ini terungkap dari tertangkapnya sejumlah pengedar Narkoba kelas kakap, dengan jumlah barang bukti (Sabu, red) terbilang fantastis.

Begitu pula halnya dengan Polres Rohul, yang saat ini dipercayakan kepada AKBP Hasyim Risahondua. Tak kalah rumitnya, di mana ada masalah perbatasan antara Rohul dan Kampar, yakni Lima Desa. Apalagi tahun ini akan diselenggarakan pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakilnya.

"Masalah itu, kan ranah pemerintah daerah, kalau kita hanya memback up pelaksanaannya, sejak tahap awal hingga selesai, agar berjalan lancar tanpa gangguan. Untuk peredaran Narkoba, diperlukan deteksi dini," jawabnya berbincang dengan wartawan.

"Pastinya kita akan petakan situasi di Rohul, dengan segala kekuatan yang ada, kita bekerja sama dengan masyarakat untuk menciptakan Kamtibmas. Masalah perbatasan, tentunya juga harus berkoordinasi dengan stake holder di sana," ungkap Kapolres Rohul AKBP Hasyim Risahondua.

Ia mengakui, ada beberapa arahan dari Kapolda Riau Irjen Nandang dalam jabatan yang diembannya saat sekarang ini. "Pertama, jaga kemitraan dengan masyarakat, kondusifitas dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," pungkas dia.

Diberitakan sebelumnya, ada dua Kapolres yang resmi Disertijabkan hari ini, diantaranya Kapolres Rohul yang sekarang resmi dijabat AKBP Hasyim Risahondua, menggantikan AKBP Yusup Rahmanto yang dipercaya menjadi Kapolres Bengkalis, menggantikan AKBP Abas Basuni.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar