• Follow Us On : 

MTQ Pekanbaru Sukses, Tenayan Raya Juara Umum


Dibaca: 249 kali 
Kamis,29 Maret 2018 - 10:59:15 WIB
MTQ Pekanbaru Sukses, Tenayan Raya Juara Umum Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-51

GILANGNEWS.COM- Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-51 tingkat Kota Pekanbaru tahun 2018, berlangsung sukses dan lancar. Kegiatan yang berlangsung di SMP Madani, Kecamatan Marpoyan Damai sejak 28 Maret 2018, ditutup Plt Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi, Senin (2/4) malam.

Rangkaian acara penutupan turut dimeriahkan beberapa penampilan seni, seperti lantunan lagu Islami, persembahan tari sanggar lembayung, dan pagelaran seni islami tari massal (Negeri Madani).

Ribuan masyarakat terlihat menghadiri acara tersebut. Terlebih lagi, terdapat 12 stand bazar pameran yang ditampilkan dari 12 Kecamatan se-Kota Pekanbaru, ditambah satu stand bazar dari Dekranasda Pekanbaru.

Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi, dalam sambutannya menyampaikan beberapa point penting terkait pelaksanaan MTQ di Kota Pekanbaru. Salah satunya masyarakat harus bisa mengambil hikmah dari pelaksanaan MTQ ini sebagai implementasi menghidupkan budaya cinta Quran, serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari.

"MTQ dapat memberi hikmah kepada kita untuk cinta pada Al Qur'an. Jangan sebatas seremonial saja. Namun realisasi pengamalannya harus kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Plt Wali Kota.

Selanjutnya, acara inti adalah pengumuman pemenang, dan penetapan kecamatan yang memiliki qori/ qoriah terbaik sehingga dinobatkan menjadi juara umum.

Adapun hasil yang diumumkan Dewan Hakim MTQ yang diketuai Kepala Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Edwar S Umar, yang disampaikan melalui Sekretaris H Idrus MAg, diputuskan bahwa Kecamatan Tenayan Raya sebagai juara umum MTQ ke-51 tingkat Kota Pekanbaru tahun 2018.

Kecamatan Tenayan Raya ditetapkan menjadi juara umum setelah berhasil mengumpulkan poin sebanyak 105, dari raihan prestasi peringkat juara satu sebanyak 12 orang, juara dua 13 orang, dan juara tiga 6 orang. (juara satu nilainya 5, juara dua nilainya 3 dan juara tiga nilainya 1)

Menyusul Kecamatan Tampan, yang mampu mengumpulkan poin sebanyak 55, dengan raihan prestasi peringkat juara satu sebanyak 8 orang, juara dua 3 orang, dan juara tiga 6 orang.  
Terbaik tiga diberikan kepada Kecamatan Rumbai Pesisir yang bertengger dipoin sama dengan Kecamatan Tampan, yakni 55 poin, namun raihan prestasinya lebih sedikit dari Kecamatan Tampan, yakni peringkat juara satunya sebanyak 7 orang, juara dua 6 orang, dan juara tiga 2 orang.

Sementara untuk pemenang juara satu lomba pawai ta'aruf jatuh kepada Kecamatan Bukitraya, kemudian disusul juara dua Kecamatan Rumbai, dan juara tiga Kecamatan Tampan.

Lomba pameran stand bazar terbaik se-12 Kecamatan Kota di Pekanbaru, juara satu jatuh kepada Kecamatan Marpoyan Damai, juara dua Kecamatan Bukitraya, dan juara tiga Kecamatan Tampan.

Plt Wali Kota diakhir acara menyerahkan piala bergilir MTQ tingkat Kota Pekanbaru dari Kecamatan Marpoyan Damai yang pada tahun sebelumnya juara umum kepada Kecamatan Tenayan Raya yang tahun ini resmi menjadi juara umum.

Penekanan sirine juga dilakukan oleh Plt Wali Kota pertanda penutupan MTQ ke-51 tingkat Kota Pekanbaru yang digelar selama enam hari, yaitu sejak 28 Maret hingga 02 April 2018.

Camat Tenayan Raya, Abdurrahman, kepada Gilangnews,com, mengaku bangga terhadap keberhasilan kecamatannya menyabet juara umum pada MTQ tingkat Pekanbaru ke - 51 tahun 2018.

"Ini adalah raihan membanggakan. Saya senang, sebab ini merupakan salah satu indikator bahwa pembinaan yang dilakukan selama ini sukses," ujarnya.

Camat Abdurrahman juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu sehingga berhasil membawa Tenayan Raya juara umum MTQ.

Abdurrahman berharap pada MTQ kedepan, Tenayan Raya mampu mempertahankan apa yang sudah diraih. 

"Tenayan Raya sudah pada jalur yang benar dalam pembinaan. Prestasi ini harus dipertahankan terus kedepan," ujarnya.(Advetorial)



Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

ADVERTORIAL LAINNYA Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :