• Follow Us On : 

Survei Kedai KOPI: Gatot Nurmantyo Cawapres Paling Favorit


Dibaca: 383 kali 
Minggu,15 April 2018 - 19:11:12 WIB
Survei Kedai KOPI: Gatot Nurmantyo Cawapres Paling Favorit Gatot Nurmantyo paling difavoritkan menjadi cawapres dari hasil survei lembaga Kedai KOPI.

GILANGNEWS.COM - Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo paling dijagokan menjadi calon wakil presiden di Pemilihan Presiden 2014. Berdasarkan survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai KOPI), Gatot mengalahkan nama-nama lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan.

Elektabilitas Gatot sebagai cawapres tertinggi yakni 17,5 persen. Ia mengalahkan AHY dengan elektabilitas 8,7 persen dan Anies Baswedan 8,6 persen. Di posisi selanjutnya ada nama Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang dengan elektabilitas 6,2 persen.

Empat nama tersebut juga paling dijagokan sebagai cawapres untuk mendampingi Joko Widodo di Pilpres. Lagi-lagi Gatot paling difavoritkan dengan elektabilitas 16,3 persen, AHY 7,7 persen, Anies 6,3 persen, dan Zainul Majdi 5,7 persen.

Dalam survei yang sama, nama Gatot juga masuk dalam bursa calon presiden. Namun elektabilitasnya terbilang kecil yakni hanya 2,1 persen.

Elektabilitas tersebut berada di posisi ketiga setelah Jokowi dan Prabowo Subianto. Jokowi masih unggul dengan elektabilitas 48,3 persen dan Prabowo 21,5 persen.

Survei digelar pada 19-27 Maret 2018 di 34 provinsi dengan metode tatap muka dan metode sampling Multistage Random Sampling. Jumlah responden 1.135 dengan error sampling 2,97 persen dan interval keperayaan 95 persen.

Sebelumnya dalam survei Indo Barometer, elektabilitas Gatot sebagai cawapres ada di bawah AHY dan Anies. Tingkat keterpilihannya sebagai cawapres sebesar 7,9 persen, kalah dari AHY 15,1 persen dan Anies 13,1 persen.

Sementara lembaga survei Alvara Research Center, nama Gatot Nurmantyo ada di posisi kedua dengan elektabilitas 15,2 persen. Ia kalah dari AHY dengan elektabilitas 17,2 persen. Survei Alvara juga menjagokan nama Gatot sebagai cawapres untuk mendampingi Jokowi dengan tingkat persetujuan 61,9 persen.

Sejauh ini Gatot belum mengantongi dukungan dari partai politik untuk Pilpres 2019. Namun ia sudah punya relawan yang siap mendukungnya sebagai capres yakni Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) dan Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN).

Peluang Gatot untuk menjadi calon presiden dinilai menipis seiring dengan kembali majunya Prabowo Subianto. Apalagi kemungkinan untuk terbentuknya poros ketiga yang bisa jadi kendaraan politik Gatot makin tak jelas. Partai Demokrat dikabarkan bakal merapat ke kubu Jokowi. Sementara PAN dan PKB tampak hadir dalam Rakornas Gerindra di mana diumumkan pencapresan Prabowo.

Sumber : CNN INDONESIA
Editor : Septian Nandy

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media






Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com
Loading...

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :