Politik

Migas Tak Bisa Diandalkan, DR H Firdaus ST MT Siapkan Paket Wisata Unggulan Riau, Begini Konsepnya

GILANGNEWS.COM - Saat melaksanakan rangkaian kampanye di Kecamatan XIII Koto Kampar, DR H Firdaus ST MT dibuat takjub dengan keindahan alam yang dimiliki daerah tersebut.

Makanya, ia mengajak masyarakat untuk menyatukan tekad dan harapan agar nantinya sektor industri pariwisata mampu memberikan harapan baru bagi masyarakat di saat sektor-sektor lainnya tak mampu memberikan kesejahteraan.

"Tadi kita sudah kampanye di Desa Batu Besurat dan dan juga Desa Tanjung, kita sudah sama-sama melihat potensi yang dimilik oleh daerah ini, sektor ekonomi warga masih bergantung pada pertanian, perkebunan dan juga perikanan," jelasnya, Senin (16/4/2018).

Namun kata Firdaus, jangan lupa kalau wilayah yang berbatasan dengan provinsi tetangga Sumatera Barat ini punya potensi pariwisata yang luar biasa besar, tapi kalau tak dikelola, percuma juga.

"Makanya kita harus sadar dengan potensi yang kita miliki, wilayah ini indah, potensi industri pariwisatanya besar, tapi memang belum digarap dan belum mampu diandalkan," kata Firdaus.

Makanya nanti jika diberi amanah untuk memimpin Riau, DR H Firdaus ST MT mengaku sudah punya konsep pengembangan pariwisata yang diharapkan nanti akan menjadi salah satu 'tulang punggung'  perekonomian Riau.

Apa yang ada di pikirannya, menurut Firdaus sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Presiden RI Jokowi, katanya dalam 2 tahun terakhir, pemerintah memang telah menetapkan bidang industri pariwisata sebagai primadona pendapatan negara di masa depan.

"Karena migas sudah tak bisa diandalkan, batu bara berat, karet juga begitu, fluktuasi harganya membuatnya semakin sulit, maka kita perlu melihat sektor potensial yang kita milik," katanya.

Makanya salah satu ide yang disiapkannya tersebut ada dengan menjadikan Kota Pekanbaru sebagai kota Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), nah, untuk menunjangnya, Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Siak disiapkan sebagai kota tujuan wisata, baik alam, budaya dan lainnya.

Khusus di Kampar ini banyak sekali wisata alam yang nantinya bisa dikelola sebagai objek wisata andalan, sebut saja Danau Rusa, sejumlah goa cantik, air terjun dan lainnya yang juml;ahnya juga sangat banyak. "Nanti di Pelalawan dan Siak juga seperti itu," katanya.

"Makanya ini akan kita godok bersama-sama asosiasi yang ada, baik hotel, kuliner dan asosiasi lainnya, bagaimana nantinya ini akan menjadi paket wisata menarik dan betul-betul memberi nilai tambah bagi daerah dan juga masyarakat, kita juga inginkan masyarakat berperan aktif nantinya," terang Firdaus.

Namun yang terpenting saat ini tentu saja membangun infrastruktur pendukung, karena tanpa itu semua, rencana besar itu akan jadi sia-sia belaka, makanya kata Firdaus jika nanti dipercaya jadi Gubernur Riau ia kan menyiapkan itu semua, memang butuh waktu, tapi semua pihak harus yakin dan mau bekerjasama.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar