Nasional

Pukul mundur kelompok bersenjata, TNI sudah kuasai kampung Aroanop

TNI di Papua.

GILANGNEWS.COM - Situasi di kampung Aroanop dan Jagamin, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua sudah kondusif. Kelompok Kriminal Bersenjata yang sebelumnya menguasai lokasi sudah bisa dipukul mundur oleh personel personel TNI AD yang tergabung Satgas Terpadu Penanganan Kelompok Kriminal Separatis.

"Kampung Aroanop sudah aman dan terkendali dan kita dari TNI sudah menguasai dari pukul 05.30 Wit. Pasukan pemukul saya empat tim sudah menguasai dari ujung kampung dan kita sudah laksanakan pembersihan," kata Dansatgas Terpadu Penanganan KKSB, Kolonel Infanteri Frits Pelamonia, di Timika, Kamis (19/4).

Sebelumnya, KKSB sempat menguasai daerah itu setelah dipukul mundur TNI dari Kampung Banti, Distrik Tembagapura, seperti diberitakan Antara.

Bahkan KKSB sempat melakukan tindakan kekerasan dan perampasan terhadap sembilan guru SD Negeri Aroanop pada Jumat (13/4).

"Masyarakat sudah kita kumpulkan dan saya memberikan arahan kepada mereka dan meyakinkan kepada mereka situasi di Kampung Aroanop yang terdiri dari enam kampung ini sudah bisa kita duduki dan aktivitas masyarakat bisa berjalan normal," ujar dia.

Frits menegaskan pasukannya terus memburu anggota KKSB. Melalui pantauan udara, tampak masih ada dua KKSB berkekuatan lima sampai enam orang, dan 10 orang melarikan diri ke Kampung Jagamin.

"Jagamin ini merupakan salah satu jalur mereka untuk meloloskan diri jadi tadi kita mengejar tapi tujuan kita adalah mengevakuasi sehingga kita mengamankan ketinggian-ketinggian yang berada di jalur evakuasi tersebut," ujar dia.

Dansatgas Frits mengatakan kelompok yang sempat masuk Kampung Aroanop tersebut masih merupakan bagian dari KKSB pimpinan Joni Botak dan Sabinus Waker.


Tulis Komentar