Nasional

Menteri LHK dan Ribuan Warga Kota Bogor Ikut Aksi Hijau Nusantara

Aksi menanam pohon di AHN 2016
Gilangnews.com - Ribuan warga Kota Bogor pagi ini mengikuti Aksi Hijau Nusantara (AHN) 2016. Kegiatan itu digelar untuk mengingatkan kepedulian masyarakat akan lingkungan.
 
Kegiatan itu digelar di Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor, Minggu (31/7/2016). Turut hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar yang tiba sejak pukul 07.00 WIB. Hadir pula Wali Kota Bogor Bima Arya dan Rektor IPB Herry Suhardiyanto.
 
Ribuan masyarakat Bogor tampak antusias melakukan aksi "Bebersih Bogor" itu. Mereka berbondong memungut sampah, memasang dan memperbanyak tong sampah di area publik, hingga melakukan penanaman pohon dan membuat biopori.
 
"Saya berharap langkah ini jadi langkah yang terus berlangsung sebagai penanganan kepedulian lingkungan untuk menangani grand issue pencemaran lingkungan," ucap Menteri LHK Siti Nurbaya.
 
"Langkah operasi bersih plastik ini harus diikuti oleh beberapa kota, dan akan lebih baik jika seluruh masyarakat kota mau ada kegiatan ini," imbuhnya.
 
Sementara penggagas Aksi Hijau Nusantara 2016, Bambang Hendroyono yang juga ketua Himpunan Alumni IPB mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengadvokasi masyarakat agar menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.
 
"AHN (Aksi Hijau Nusantara) merupakan program kerja sama Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Pemda Kota Bogor dan Himpunan Alumni IPB yang bertujuan mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sekaligus mensosialisasikan tata cara pengelolaan sampah melalui gerakan Reduce-Reuse-Recycle," ujar Bambang Hendroyono.
 
Selain kegiatan bebersih bogor aksi pungut sampah plastik dan aksi menanam pohon, ada pula AHN Expo yang menampilkan berbagai produk handmade daur ulang dari sampah plastik dan kaleng hasil karya ibu-ibu PKK dari sekitar Bogor. Selain itu, kegiatan Aksi Hijau Nasional itu juga diramaikan Artis Lingkungan Hidup, Nugie. [P]
 
Sumber Detik.com


Tulis Komentar