Dunia

Napi Tertua Dalam Sejarah AS Disuntik Mati di Alabama

Walter Moody.

GILANGNEWS.COM -  Otoritas Alabama di Amerika Serikat (AS) menyuntik mati seorang narapidana kasus pengeboman berantai tahun 1989 lalu. Narapidana berusia 83 tahun ini menjadi narapidana tertua yang disuntik mati dalam sejarah modern AS.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (20/4/2018), narapidana bernama Walter Moody ini disuntik mati di William C Holman Correctional Facility di Atmore pada Kamis (19/4) waktu setempat. Otoritas penjara setempat menyatakan, Moody tidak memberikan pernyataan terakhir sebelum disuntik mati.

Eksekusi mati terhadap Moody ini merupakan eksekusi mati ke-8 sepanjang tahun ini di AS.

Pusat Informasi Hukuman Mati, yang memantau hukuman mati di AS, menyatakan Moody tercatat sebagai narapidana tertua yang dieksekusi mati di AS, sejak Mahkamah Agung AS memberlakukan kembali hukuman mati tahun 1976. Dia menggantikan John Nixon yang berusia 77 tahun saat dieksekusi mati di Mississippi pada Desember 2005 lalu,

Moody dinyatakan bersalah mengirimkan sebuah bom yang menewaskan Hakim Pengadilan Sirkuit AS Robert Vance (58) tahun 1989 silam. Satu bom lainnya yang dikirim Moody menewaskan seorang pengacara sipil di Georgia, Robert Robinson.

Jaksa menyatakan aksi Moody itu didorong oleh kemarahan atas vonis kasus bom tahun 1972 yang dianggap Moody merusak kariernya. Dia mengirimkan satu bom lainnya ke seorang pengacara sipil untuk membuat bingungu penyidik saat itu.

Sebelum disuntik mati, Moody telah menghabiskan 20 tahun di dalam penjara menunggu pelaksanaan eksekusi mati. Selama persidangan, Moody selalu menyatakan dirinya tidak bersalah. Eksekusi mati terhadap Moody sempat tertunda karena banding terakhir sempat diajukan ke Mahkamah Agung AS yang akhirnya ditolak.

Eksekusi mati terhadap Moody ini menyoroti banyaknya narapidana mati di AS yang telah berusia lanjut saat menunggu giliran eksekusi. Sejak tahun 2006, setidaknya ada 10 narapidana mati yang dieksekusi dalam usia 70 tahun ke atas. Saat ini, diketahui lebih dari 40 persen narapidana mati di AS berusia 50 tahun ke atas.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar