Politik

H Khairuddin: Sulit Melupakan Kesantunan Para Pemimpin Ini...

GILANGNEWS.COM - Sosok pemimpin tidak mutlak dinilai dari apa materi dan fisik yang diberikannya. Perhatian dalam bentuk terkecil pun tak jarang sudah cukup untuk memberikan kebahagiaan bagi masyarakatnya.

Hal tersebut setidaknya disampaikan oleh H Khairuddin. Tokoh pendidikan yang juga seorang pendakwah di Kota Duri.

Dia sendiri semenjak awal tidak pernah mengenal sosok Rusli Effendi. Namun, sambutan yang diberikan Rusli sebagai sekretaris Jendral Masjid Istiqlal Jakarta saat sejumlah rombongan guru dan para ustad datang ke masjid terbesar ketiga di dunia itu beberapa tahun lalu sampai kini memberi kesan tersendiri bagi Khairuddin.

''Jujur, saya tidak sedang berkampanye untuk meminta siapapun memilih Pak Rusli Effendi. Tapi, dari apa yang saya kisahkan ini, saya ingin memberi gambaran, seperti inilah kesantunan seorang pemimpin bernama Rusli Effendi,'' ungkap Khairuddin dihadapan masyarakat Kota Duri.

''Ketika kita datang ke Jakarta, kita tak mengenal Pak Rusli dan kita tak tahu kalau beliau adalah Sekjen Masjid Istiqlal. Tapi saat kita datang, kita disambut layaknya saudara yang sudah saling mengenal. Saat itu Pak Rusli sangking ramahnya, memberikan kesempatan pada kita untuk masuk dan duduk di kursi dan ruangan VVIP milik Presiden RI, dijamu dengan penuh keramahan dan persaudaraan. Beliau bilang senang, bila ada orang Riau datang dan melihat-lihat masjid Istiqlal. Karena tak pernah saling mengenal sebelumnya itulah, kami merasa tersanjung,'' ungkap dia.

Kami juga diperkenalkan dengan sejumlah pengurus yang ternyata adalah jendral berbintang yang punya atensi khusus untuk mengembangkan syiar Islam melalui dakwah masjid.

''Saya baru tahu kalau beliau itu orang Riau setelah pertemuan itu. Beliau cerita diamanahkan menjadi salah ketua DPP PPP sekaligus menjadi Sekjen Masjid Istiqlal. Ternyata orangnya seramah itu. Silahkan saja dinilai seperti apanya, apa yang saya sampaikan ini. Tapi sampai hari ini, kami yang berangkat ke sana, masih mengingat kebaikan beliau,'' ungkap Khairuddin.

Akan halnya saat menilai kebaikan hati Pak Syamsurizal, yang juga pernah menjadi Bupati Bengkalis. ''Saya masih ingat ketika dulu, pernah suatu kali, Pemkab Bengkalis menyerahkan bantuan kepada anak-anak asuh di Bengkalis. Kebetulan saat itu, anak-anak kami bersedih dan mengeluh karena tak mendapat bantuan saat Bupati Berkunjung ke Duri. Demi menyenangkan hati anak-anak, saya pun waktu itu menelpon Pak Syamsurizal dan langsung beliau yang angkat telponnya. Saya kisahkan anak-anak bersedih. Saya pikir beliau tak akan memikirkan apa yang saya sampaikan itu. Betapa terkejutnya saya, ketika keesokan harinya, seorang staf Pemkab Bengkalis datang ke sekolah dan menyerahkan bantuan yang katanya adalah titipan dari Pak Syamsurizal,'' papar dia.

Sungguh, saya berpikir tidak ada pemimpin yang seperti itu. Tapi, apa yang dilakukan Pak Syamsurizal itu benar-benar membuat kami terharus dan sekaligus bangga. ''Baru hari ini, saya bisa sampaikan terima kasih kepada Pak Syamsurizal, setelah beliau tak lagi menjadi Bupati.

Tapi, dari bersatunya dua pemimpin ini, Pak Rusli dan Pak Syamsurizal ikut mendukung dan memenangkan Pasangan Firdaus-Rusli Effendi, saya tahu, seperti apa figur orang yang mereka dukung. ''Saya tidak mengajak, tapi silahkan dinilai sendiri, seperti apa figur para pemimpin kita ini. Tapi saya yakin, pastilah, masyarakat pun punya penilaian tersendiri. Riau memerlukan pemimpin yang berakhlak mulia, santun dan peduli pada masyarakatnya dan bisa merasakan keprihatinan masyarakatnya,'' imbuh dia.

''Mudah-mudahan, apa yang diperjuangkan Pak Rusli Effendi, Pak Syamsurizal ini akan terus mendapat simpati dan Risho Allah,'' sebut dia.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar