Politik

Berita Khusus Pilgubri 2018 Paslon 4 Prioritaskan Pendidikan Sampai ke Pelosok, Tampung Aspirasi War

GILANGNEWS.COM - Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan masyarakat di daerah terpencil calon Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, dalam setiap kampanye dialogisnya di desa-desa selalu menanyakan bagaimana kondisi pendidikan yang ada di daerah. Mulai dari tingkat SD, SMP sampai ke SMA/SMK.

Di Desa Beringin Lestari, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Arsyadjuliandi Rachman, menampung aspirasi masyarakat Desa yang meminta pembangunan sekolah SMP dan SMA. Karena selama ini sudah 20 tahun belum ada berdiri SMP negeri.

Andi Rachman mengatakan, pendidikan menjadi prioritas dirinya sejak menjabat sebagai Gubernur Riau. Dan telah memberikan anggaran dari APBD Riau lebih dari 20 persen untuk pendidikan.

"Aspirasi Bapak Ibu Insya Allah kita bangun SMP. Ini nanti akan di ajukan melalui anggota dewan kita. SMP ini menjadi tanggungjawab Pemkab Kampar, tapi kalau tidak ada anggarannya, Provinsi bisa membantu. Silahkan ajukan pembangunan SMP," ujar Andi Rachman, kepada masyarakat Desa Beringin Lestari.

"Kalau untuk SMA/SMK yang menjadi tanggungjawab Provinsi, bisa kita bangun. Kalau siswanya mencukupi dibangun SMA/SMK, nanti akan kita pelajari. Tapi yang penting SMP dulu kita utamakan," tambah Gubernur Riau yang cuti kampanye ini.

Sementara itu, masyarakat Desa Beringin Lestari, Ida, mengatakan dua anaknya terpaksa harus sekolah ke daerah lain, tepatnya di Kota Bangun. Jarak tempuhnya kalau menggunakan sepeda motor bisa mencapai 1 jam.Â

"Sekarang ini anak-anak kami kalau sekolah numpang pakai bus perusahaan. Terkadang busnya penuh, terpaksa pakai motor dan numpang sama yang lain. Sekarang pak Gubernur datang, dan beliau siap membantu desa kami membangun SMP, alhamdulillah," kata Ida.

"Kalau bisa pak Gubernur juga ada SMA disini. Anak-anak kami juga sekolah SMA nya sampai ke Kota Garo. SMK ada di Kandis, kadang ada yang diterima kadang tidak," kata Ida lagi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Nurlela, setelah mendengar kampanye dialogis Andi Rachman, ia semakin yakin, bahwa Gubernur yang akan dipilihnya ini tidak salah pilih. Karena masyarakat di desa mereka sangat menginginkan adanya sekolah SMP. Selain dari infrastruktur lainnya.

"Yakin saya ini sama pak Gubernur, karena saya dengar beliau juga selalu memberikan bantuan pendidikan bagi daerah. Selaik itu program rumah layak huninya juga bagus. Warga desa kami ada yang dapat, lumayanlah jumlahnya," kata Nurlela.

Kehadiran Andi Rachman di Desa Bangun Lestari juga didampingi anggota DPRD Riau dari fraksi Golkar, Masnur, ketua DPRD Kampar Fikri. Kedua anggota Dewan ini siap membantu Andi Rachman, dalam menyiapkan pengajuan pembangunan SMP di desa Bangun Lestari.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar