Nasional

27 Mei Matahari Tepat Diatas Ka'bah, Umat Muslim Bisa Cek Arah Kiblat

GILANGNEWS.COM - Kementerian Agama RI mengungkapkan bahwa pada 27-28 Mei akan terjadi peristiwa alam dimana matahari akan tepat berada di atas Mekah, Arab Saudi.

Momen ini akan bisa dimanfaatkan oleh umat Muslim di Tanah Air untuk mencocokkan atau mengatur ulang arah kiblat.

"Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kabah," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Juraidi di Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Ia juga menambahkan bahwa saat terbaik untuk mengamati bayangan di dua hari itu adalah pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA.

Dijelaskan Juraidi, ada beberapa hal yang perlu diperhaikan dalam proses verifikasi arah kiblat.

"Pertama, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan bandul. Kedua, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata dan yang ketiga jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom," ujar dia.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa saat tepat untuk menyempurnakan arah kiblat masjid, musala, atau lapangan untuk salat Id adalah di tanggal 26 - 30 Mei mendatang.

"Untuk menyempurnakan arah kiblat ... silakan gunakan bayangan matahari pada 26 - 30 Mei pukul 16.13 - 16.23 WIB. Pada saat itu matahari tepat berada di atas Mekah," tulis Thomas dalam akun Facebook-nya.

"Arah kiblat adalah arah menuju matahari sesuai garis bayangan," beber dia.


Tulis Komentar