Nasional

Menunggu kepastian Rizal Ramli Maju di Pilgub DKI

Rizal Ramli
Gilangnews.com - Usai diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dari jabatan Menko Kemaritiman, Rizal Ramli kini digadang menjadi calon gubernur DKI Jakarta di Pilgub 2017. Rizal Ramli didukung dan didorong untuk maju melawan Basuki T Purnama (Ahok) oleh persatuan buruh.
 
Presiden Kongres Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, menilai, dengan ketegasan Rizal dalam memimpin, dirinya yakin jika Rizal akan mampu membangun DKI Jakarta. Namun sayang, belum ada kepastian dari Rizal Ramli, akan maju atau tidak di Pilgub 2017 nanti.
 
Saat masih menjabat sebagai Menko Kemaritiman, Rizal memang diketahui terlibat perseteruan dengan Ahok. Hal ini terkait proyek reklamasi di Pantai Utara Jakarta. Rizal menyetop selamanya proyek reklamasi Pulau G, milik PT Agung Podomoro Land. Sementara Ahok, tak terima dengan keputusan Rizal hingga mengadu kepada Presiden Jokowi. 
 
Menanggapi dukungan buruh kepada Rizal untuk maju Pilgub DKI, Direktur Eksekutif Voxpol Center dan juga pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Rizal Ramli sangat kuat untuk menyaingi elektabilitas Ahok dalam merebut kursi di DKI Jakarta.
 
Kata Pangi, meskipun Rizal Ramli hanya beberapa bulan menjabat sebagai Menko Maritim, dirinya telah dikenal oleh masyarakat dengan aksi-aksi nekadnya, yakni menolak keras reklamasi pantai Jakarta Utara.
 
"Pertama Rizal ini mendapatkan dukungan dari buruh, dan kelompok-kelompok Rizal Ramli ini yang anti tesis Ahok, seperti pelayan juga masyarakat kecil. Ahok dukung reklamasi, tapi Rizal dengan keras menolak," ujar Pangi ketika dihubungi merdeka.com, Jakarta, Selasa (2/8).
 
Menurut Pangi, Rizal dan Ahok memiliki karakter yang sama. Namun, Rizal tidak kasar seperti yang dilakukan oleh Ahok.
 
"Rizal Ramli sama Ahok memang tegas, tapi Rizal tidak asal mengambil keputusan dengan sembarangan juga tidak kasar. Rizal tegas tapi ramah, bahkan dirinya sering sekali melakukan blusukan, tidak seperti Ahok," katanya.
 
Pangi menjelaskan, apabila nanti Rizal Ramli maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, bukan tidak mungkin ini menjadi perjalan yang sulit bagi Ahok untuk menang. Bahkan, ini akan menjadikan pesaing yang kuat buat Ahok.
 
"Korban kebijakan Ahok soal reklamasi, Rizal Ramli itu akhirnya nanti akan dilirik ketika orang tidak nyaman oleh Ahok yang seolah berpihak kepada pemilih modal. Sosok Rizal menjadi pengobat kepada masyarakat. Iya, bagi saya unsur-unsur atau gertakan ada untuk itu (ungkit kasus sumber waras, dan reklamasi), termasuk kritik kebijakan yang merugikan masyarakat tentang kemaritiman, kebijakan yang pro sama rakyat, juga mendengarkan masyarakat. Kalau Ahok kurang mendengarkan masyarakat, dan saat ini kita menunggu langkah juga keputusan Rizal Ramli," pungkasnya.
 
[P]
 
Sumber Merdeka.com


Tulis Komentar