Politik

Firdaus-Rusli Programkan Masjid Paripurna di Tiap Kecamatan

GILANGNEWS.COM - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau,  DR H Firdaus - H Rusli Effendi  memprogramkan pembangunan masjid paripurna pada setiap kecamatan yang ada di Provinsi Riau.

"Program masjid paripurna ini adalah untuk menjadikan masjid sebagai pusat aktivitas, mulai dari ekonomi kerakyatan hingga pendidikan bagi generasi mendatang. Atas dasar inilah, jika kami terpilih menjadi Gubernur Riau, di setiap kecamatan akan dibangun masjid paripurna," ujar Firdaus dalam sebuah wawancara akhir pekan lalu.

Di Kota Pekanbaru sendiri program masjid paripurna sebagai masjid percontohan ini telah ditetapkan 58 untuk tingkat kelurahan, 12 untuk tingkat kecamatan dan satu tingkat kota Pekanbaru.

Masjid paripurna adalah program Pemko Pekanbaru dengan menunjuk masjid utama, sebagai pusat kegiatan keagamaan. Masjid paripurna diharapkan menjadi contoh dan model bagi masjid-masjid di bawahnya. Untuk operasional masjid paripurna ini mendapat kucuran dana yang dialokasikan dari APBD Kota Pekanbaru.

"Sejak awal Rasulullah hijrah ke Kota Madinah, masjid menjadi pusat dari segala aktifitas, pendidikan, dakwah, ekonomi dan peningkatan kesejahteraan ummat. Yakni di  Masjid Nabawi. Program yang dibawa Pemko Pekanbaru ini adalah program satu-satunya di Indonesia. Ini patut menjadi percontohan," ujar tokoh masyarakat Riau, H Maizir Mit menyikapi program Masjid Paripurna ini.

Sementara untuk pembiayaan dan operasional masjid Paripurna ini dikatakan Firdaus, akan dilakukan melalui budget sharing dengan pemerintah kabupaten-kota.

" Mudah-mudahan dengan program Masjid Paripurna ini dapat mewujudkan Provinsi Riau sebagai provinsi yang Madani berkeadilan," tambah Firdaus.


Tulis Komentar