Nasional

Pria Ini Coba Jual Data Facebook di eBay

GILANGNEWS.COM - Hadirnya situs e-commerce, seperti eBay memudahkan konsumen untuk melakukan kegiatan jual-beli barang. Namun, seorang pria bernama Oli Frost memanfaatkan eBay untuk menjual barang yang tidak umum, yakni data Facebook.

Di era digital seperti saat ini, data menjadi hal yang sangat penting. Saking pentingnya data, tak heran kasus kebocoran data Facebook beberapa waktu lalu sampai membuat sang pemilik Mark Zuckerberg disidang DPR Amerika Serikat.

Itulah mengapa juga sudah bukan menjadi rahasia umum jika Facebook dan Google mengumpulkan data dari pengguna untuk bisa membuat iklan yang ditujukan untuk preferensi penggunanya. Langkah ini pun coba ditiru oleh Frost.

Frost memiliki pendapat jika data Facebook bisa menghasilkan uang. Ia pun kemudian memutuskan untuk mengeskpor datanya dengan alat ekspor dan menaruh informasi datanya di situs eBay.

"Aku bergabung dengan Facebook 10 tahun yang lalu dan baru saja menemukan bahwa aku telah menjual dataku secara cuma-cuma selama ini. Mengapa bukan aku yang mendapat uang?," tulisnya dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (31/5/2018).

Rencananya uang yang ia peroleh dari hasil jualan data Facebook-nya itu bukan untuk ia pakai, tapi untuk didonasikan ke EFF. Namun, sayang eBay tidak merestui aksinya itu dan menghapus jualannya dari situs.

"Beberapa daftar Anda tidak mengikuti kebijakan kami. Daftar dagangan Anda menjual akun Facebook, dimana tidak diizinkan sebagai perusahaan media sosial yang memiliki bayasan persyaratan dalam layanan mereka," tulis eBay.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar