Opini

Tips Sahur Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

GILANGNEWS.COM -  Puasa dengan pola makan yang benar memang akan mendapat manfaat yang optimal. Agar tubuh tetap sehat, tentu saja pola makan saat sahur harus diperhatikan.

Saat puasa, tubuh akan mengalami beberapa masalah kesehatan seperti konstipasi serta dehidrasi. Jika hal ini terjadi, tentu tubuh akan merasa sakit kepala, mudah lelah dan sulit konsentrasi.


Agar kondisi tubuh tetap prima, ada 3 kunci utama. Gizi seimbang, cukup cairan dan cukup tidur. "Gizi seimbang berarti energi, vitamin dan mineral harus cukup. Protein harus ada. Usahakan prosesnya jangan digoreng saja tapi dikombinasikan," jelas Eka Herdiana, Ahli Gizi dari Nestle.

Saat sahur, sebaiknya makan mendekati waktu imsak. Pilih karbohidrat kompleks dan protein yang mudah dicerna. "Kalau bisa saat sahur jangan memilih protein tinggi seperti daging merah yang sulit dicerna tubuh. Karena energi kita bisa habis untuk mencerna protein tinggi dalam tubuh," tuturnya.

Pilihlah protein yang lebih mudah dicerna tubuh seperti tempe, tahu dan telur. Perbanyak juga konsumsi sayur dan buah, setengah porsi piring harus mengandung sayur dan buah.

Ia juga menambahkan untuk mencukupi cairan tubuh dengan tidak hanya minum air putih tetapi juga konsumsi makanan yang direbus seperti sup. Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan tinggi air seperti semangka, melon hingga timun.

Hindari konsumsi teh dan kopi karena bersifat diuretik sehingga frekuensi buang air kecil lebih sering. Sehabis makan jangan langsung tidur, sebaiknya beri jeda 30 menit sampai 1 jam untuk mencegah terjadinya reflux. 
 


Tulis Komentar