Nasional

SBY: Janganlah membenturkan-benturkan Islam dengan Pancasila

GILANGNEWS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan hal terpenting dalam kehidupan berbangsa adalah keadilan sosial sesuai dengan sila kelima Pancasila. Maka dari itu, SBY mengajak seluruh masyarakat tidak membenturkan Pancasila dengan agama.

"Jadi bangsa Indonesia juga menjunjung tinggi keadilan, termasuk keadilan sosial. Karena itu saya mengajak janganlah membenturkan-benturkan Islam dengan Pancasila, jangan. Juga tidak membenturkan Pancasila dengan agama lain," kata SBY saat berpidato dalam acara safari Ramadan dan temu kader Demokrat di Hall JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6).

SBY menambahkan, dirinya sebagai umat muslim juga menjalankan syariat Islam dalam kehidupannya. Dan sekaligus mengakui dasar negara Pancasila dengan sungguh-sungguh untuk berupaya menjalankan sila-sila Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saya yakin itu yang ada di dalam hati pikiran saudara-saudara saya kaum muslimin dan muslimat," tuturnya.

Dalam refleksi Ramadan dia sampaikan hari ini, SBY juga menyoroti apa yang mau menjadi persoalan bangsa dan berkaitan dengan masalah keadilan sosial saat ini, serta apa yang harus dilakukan bangsa secara bersama-sama.

"Yang menjadi persoalan kita saat ini adalah pertama kemiskinan masih yang relatif tinggi, meskipun sejak 2007 terus menurun," ujar Presiden ke-6 RI ini.

"Kedua, ketimpangan atau kesenjangan sosial ekonomi pada prinsipnya makin meningkat, memang ini tidak hanya Indonesia tapi oleh negara-negara lain, pertumbuhan ekonominya menurun," tandasnya.


Tulis Komentar