Nasional

Menpora Malaysia Minta Indonesia Dihukum karena Ulah Suporter

Ilustrasi suporter Timnas Indonesia.

GILANGNEWS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman mendukung Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk melaporkan tindakan suporter Timnas Indonesia yang diduga menghina timnas Malaysia U-16 di ajang Piala AFF U-16 2018.

Suporter Indonesia dituduh mengeluarkan ujaran kebencian saat timnas Malaysia U-16 dikalahkan Thailand U-16 1-2 pada laga Grup C Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (30/7).

Selain menghina timnas Malaysia, suporter Indonesia juga dituding menghina pemain Malaysia Amirul Ashrafiq Hanifah yang sempat bermasalah karena unggahannya melalui Instagram. Amirul mendapat kecaman karena salah memasang bendera Indonesia sebelum keberangkatan ke Indonesia untuk tampil di Piala AFF U-16 2018.

Sekjen FAM Stuart Ramalingam telah menyatakan akan melaporkan tindakan suporter Indonesia ke Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF). Langkah FAM mendapat dukungan dari Syed Saddiq.

Syed Saddiq yang baru saja terpilih sebagai Menpora Malaysia mengatakan Indonesia harus mendapat hukuman yang berat, sama seperti ketika Malaysia dihukum karena ulah suporter yang menghina timnas Singapura dan Brunei Darussalam di SEA Games 2017.

"Dulu kita dikenakan hukuman karena ulah segelintir suporter yang tidak bertanggung jawab. Hari ini, apabila pemain kita dipanggil an***g dan ada sampai diancam dibunuh, FAM perlu tegas dan laporkan pada pihak AFF. Tindakan yang keras perlu dilakukan," ucap Syed Saddiq dikutip dari The Star Online.

Sebelumnya, Ramalingam mengklaim sudah menghubungi pihak AFF dan PSSI. Ramalingam mengatakan baik AFF dan PSSI menjamin keselamatan skuat timnas Malaysia selama mengikuti Piala AFF U-16 2018.

"Presiden FAM Datuk Hamid Mohd Amin sudah menghubungi Wakil sekaligus Plt Ketua PSSI Joko Driyono dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria serta Sekjen AFF Datuk Seri Azzudin Ahmad. Mereka bertiga berjanji tuan rumah dan penyelenggara akan memastikan keselamatan Amirul, pemain, serta staf timnas Malaysia U-16 selama Piala AFF U-16 2018," kata Ramalingam dikutip dari BHarian.

CNNIndonesia.com sudah berusaha menghubungi pihak PSSI, namun hingga berita ini diturunkan belum ada respons dari PSSI.


Tulis Komentar