Pekanbaru

BUMD di Riau Harus Kejar Peluang Kerja Sama Kelola Blok Rokan dengan Pertamina

GILANGNEWS.COM - Pengamat ekonomi dari Universitas Riau (UR) Edyanus Herman Halim mengatakan, dengan terpilihnya Pertamina sebagai pengelola Blok Rokan harus dimanfaatkan oleh BUMD di Riau untuk terlibat dalam pengelolaan ladang minyak tersebut.

"Ada baiknya juga Pertamina melibatkan perusahaan daerah. Sehingga perusahaan daerah memiliki pengalaman dan pembelajaran untuk mengelola minyak ke depan. Kan sayang perusahaan daerah tidak diberi kesempatan untuk mengelola sumber dayanya sendiri," kata Edyanus saat berbincang dengan wartawan, Kamis (2/8/2018).

Menurutnya, untuk memulainya, BUMD Riau harus mampu menunjukkam bahwa daerah sudah siap untuk andil dalam pengelolaan ladang minyak.

"BUMD harus mampu menampilkan kinerja yang positif, karena blok Rokan itu besar. Dan investasi untuk itu juga besar. Jadi jangan hanya ingin saja, tapi juga mampu menampilkan kalau di tangan BUMD itu pengelolaan sumber daya alam akan efisien dan efektif," cakap Edyanus lagi.

Sejauh ini sudah ada bukti bahwa daerah juga mampu. Pertamina sudah punya pengalaman dengan PT BSP.

"Semoga dapat dikelola secara efisien, hasilnya bisa dimafaatkan untuk kepentingan pembangunan infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia di Riau ini. Jadi jangan sia-siakan aset dan sumber daya yang masih ada di daerah kita sendiri," cakapnya.


Tulis Komentar