Nasional

Dua Senjata dan Atribut Bintang Kejora Diamankan di Papua

Sejumlah senjata dan atribut bintang kejora berhasil disita TNI.

GILANGNEWS.COM - Satuan Tugas pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Kolaksops Rem 172/PWY-Yonif 756/WMS berhasil menyita 2 pucuk senjata organik jenis M16 dan 1 pucuk Revolver dari kelompok bersenjata di sektor Tiom Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

"Satgas juga berhasil mengamankan 8 orang yang diduga menjadi anggota kelompok bersenjata tersebut," kaya Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Supit melalui keterangan tertulis, Selasa (14/8).

George merinci dari hasil penyergapan terhadap kelompok separatis ditemukan barang bukti berupa 1 Pucuk Jat M16 A1 nomor seri SER SP 47787 (Made In Hartford.CONN, USA) 1 Pucuk senjata Pistol Revolver (tanpa nomor seri), 13 butir amunisi Kaliber 5,56, 7 butir amunisi Kaliber 38 SPL, dan 1 Magazen M16 A1.

Satgas juga menemukan 1 buah tali sandang senapan serbu, 1 Sarung Pistol, 2 Tas pinggang, 1 buah Charger, 1 Parang, 1 buah Laser Point dan 7 Baterai Laser Point isi ulang serta beberapa dokumen dan atribut Bintang Kejora.

Penyergapan ini bermula saat Pos Tiom yang dipimpin Danki Satgas Pamrahwan Kabupaten Lanny Jaya, Lettu Inf Sony Teguh Bahtiar mendapatkan imformasi tentang adanya aktifitas gerombolan bersenjata yang sering melakukan pencurian dan perampasan hasil kebun, penembakan babi dan perampasan ternak milik warga.

Sesuai arahan Danrem 172 Kolonel Binsar Sianipar, pada pukul 02.00 WIT, Senin (13/8), tindakan penyergapan honai di Kampung Kindoni Distrik Milimbo Kab. Lanny Jaya dilakukan.

"Kegiatan dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar tanpa mengeluarkan tembakan satu pun," tutur George.

George mengatakan keberadaan kelompok bersenjata ini sudah sering meresahkan warga dan perlu ditindak tegas. Menurutnya upaya pemerintah untuk membangun Tanah Papua seperti pembukaan jalan Trans Papua, Program Papua Terang oleh PLN serta beberapa program pembangunan lainnya, selalu dihambat segelintir orang yang tidak menghendaki kemajuan Papua.

"Saya mengapresiasi prestasi prajurit Yonif 756/WMS, Saya mengajak seluruh masyarakat untuk menciptakan situasi yang kondusif dalam menghadapi peringatan HUT RI yang ke-73," pungkas George.


Tulis Komentar