Pekanbaru

Widodo Eko Kapolda Riau Gantikan Nandang

Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo.

GILANGNEWS.COM - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jendral Tito Karnavian merotasi sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Polri. Salah satu yang dirotasi adalah Kapolda Riau Irjen Pol Nandang. Irjen Pol Nandang akan menjabat sebagai Perwira Tinggi Baintelkam Polri, dengan penugasan di Badan Intelijen Negara (BIN). Sedangkan penggantinya, Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo.

Widodo sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Timur. Rotasi pejabat tinggi di tubuh Polri itu, sesuai dengan Surat Telegram (TR) Kapolri nomor: ST/2015/VIII/KEP/2018. Surat ini dikeluarkan pada Senin (13/8). Nandang membenarkan jabatan kapoldanya akan digantikan oleh Brigjen Widodo Eko. Namun dia enggan berkomentar banyak soal rotasi di tubuh Polri itu.  “Iya (dirotasi). Saya lagi di pesawat,” ujarnya, Senin (13/8) siang.

Berbeda dengan yang disampaikan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto. Dia belum bisa memastikan kebenaran surat dari Kapolri tersebut. Meski sudah beredar di media sosial, dia masih berdalih masih menunggu surat TR yang resmi. “Tunggu TR resminya,” ujar Sunarto.

Dia pun mengakui surat TR Kapolri itu sudah sampai ke tangannya melalui pesan Whatsapp. “Saya terima juga dari pesan WA,” kata dia.

Hingga saat ini, Sunarto belum bisa memastikan TR yang beredar itu, walaupun Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto telah membenarkannya. “Betul. Mutasi rutin dalam rangka penyegaran,” kata Kadiv Irjen Setyo Wasisto, kepada wartawan.

Dari informasi yang dihimpun, Widodo Eko pernah bertugas di Polda Riau. Dia menjabat sebagai Kasubdit Regident Dirlantas Polda Riau di tahun 2000-an. Setelah itu, dia juga pernah menjabat sebagai Kabid Telematika Polda Jabar, di tahun 2009. Pernah juga menjadi Kapolrestabes Bandung, Kepala Biro Humas Bakamla RI. Terakhir, Widodo Eko menjabat sebagai Wakapolda Jatim, yang sebelumnya menjabat sebagai Karopal Slog Polri.

Sementara Nandang yang memasuki masa pensiunnya, dia diberi amanah menjabat sebagai Perwira Tinggi Baintelkam Polri, penugasan BIN. Jabatan Kapolda Riau, sudah setahun lebih disandang Nandang. Nandang pun sempat mengucapkan kata perpisahannya dalam kegiatan peletakan batu pertama Sekolah Polisi Negara (SPN) di Kabupaten Kampar. Saat itu, dia berharap agar pembangunan SPN bisa terwujud di akhir tahun 2018 ini. “Saya Desember ini pensiun, jadi ini semoga Februari (2019) nanti, SPN ini sudah bisa digunakan perdana menerima siswa baru,” ujarnya kala itu.

Setahun lebih menjabat sebagai Kapolda Riau, Nandang juga telah sukses menjalankan tugasnya. Terutama dalam penanganan karhutla. Bersama dengan tim satgas karhutla, jajaran Polda berhasil menciptakan Riau tanpa asap di 2018 ini. Ini juga seiring dengan pelaksanaan Asian Games 2018. Tak hanya itu, jajaran Polda Riau juga berhasil menekan peredaran narkoba di Riau. Riau dikenal sebagai pintu masuk narkoba dari negara tetangga. Sehingga ini menjadi penekanan bagi Nandang, untuk menggagalkan peredaran barang haram itu. Terbukti, di tahun 2018 ini, jumlah tangkapan narkoba di Riau meningkat tajam.

Di samping itu, di bawah kepemimpinan Nandang, Polda Riau juga sukses mengamankan tahanan pemilihan gubernur Riau. Terbukti, pilkada berjalan damai, tanpa adanya kericuhan.

8 Kapolda Lainnya Dirotasi

Selain jabatan Kapolda Riau, juga turut dirotasi delapan jabatan Kapolda lainnya di Indonesia. Itu masih tertuang dalam TR Kapolri nomor: ST/2015/VIII/KEP/2018, tertanggal 13 Agustus 2018. Antara lain, Irjen Boy Rafli Amar yang semula Kapolda Papua dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri. Dia digantikan Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri.

Brigjen Listyo Sigit Prabowo yang semula Kapolda Banten dimutasi menjadi Kadiv Propam Polri. Jabatan Kapolda Banten akan diisi Brigjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat Karopaminal Divisi Propam Polri. Irjen Machfud Arifin yang semula Kapolda Jawa Timur dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Kapolda Jatim akan diisi Irjen Luki Hermawan yang semula menjabat Wakabaintelkam Polri.

Kapolda Lampung Irjen Suntana dimutasi menjadi Wakabaintelkam Polri. Jabatan Kapolda Lampung akan diisi Brigjen Purwadi Arianto yang saat ini masih menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya.


Tulis Komentar