Pekanbaru

Soal Vaksin MR Mengandung Babi dan Organ Manusia, Ini Kata MUI Riau

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Kabar soal kandungan vaksin Measles Rubella (MR) yang disebut mengandung babi dan human deploit cell atau bahan dari organ manusia menggegerkan masyarakat Provinsi Riau yang mayoritasnya merupakan umat muslim.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau, Prof Nazir Karim ketika dikonfirmasi pun membenarkan bahwa vaksin MR positif mengandung babi dan human deploit cell. Di mana, hal itu diketahui berdasarkan pemeriksaan awal yang dilakukan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

"Kami sudah berkoordinasi dengan MUI Pusat, hasilnya seperti itu (mengandung babi dan organ manusia, red)," kata Prof Nazir Karim ketika ditanya wartawan di Pekanbaru, Senin (20/8/2018).

Untuk saat ini, pihaknya belum bisa berbuat banyak sembari menunggu hasil rapat pleno MUI Pusat yang akan menentukan sikap terkait vaksin MR tersebut.

"Apa yang disampaikan MUI Pusat nanti akan kami teruskan ke daerah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir ketika dikonfirmasi pun juga belum bisa berkomentar banyak.

"Kami tentunya menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan dulu," singkatnya.

Untuk diketahui, Diskes menargetkan sasaran imunisasi MR-nya sebanyak 1.955.658 anak yang berusia sembilan bulan sampai dengan di bawah usia 15 tahun yang tersebar di 12 kabupaten dan kota.


Tulis Komentar