Pekanbaru

Atlet Riau Gagal di Asian Games 2018 karena Pembinaan Belum Maksimal? Ini Kata Ketua KONI Riau

Atlet dayung Riau, Tanzil Hadid yang turut menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di Asian Games 2018 pada nomor delapan putra.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Riau mengirimkan atlet cukup banyak pada ajang Asian Games XVIII 2018 sekitar 25 atlet yang terdiri dari sembilan cabang olahraga (cabor). Namun, tak semua atlet andalan Bumi Melayu itu mampu menyumbang medali emas, perak maupun perunggu untuk Indonesia.

Banyak dari atlet Riau yang belum mampu berprestasi di ajang Asian Games, diantaranya atlet renang andalan Riau, Azzahra Permatahani yang mengikuti lima nomor, hanya mampu lolos di final 400 meter gaya ganti putri tapi gagal meraih medali.

Selain itu, juga ada atlet dari cabor atletik, Denny Yohannes Sianturi yang juga gagal di Asian Games XVIII 2018 pada nomor lempar martil dan juga beberapa atlet Riau dari cabor lainnya yang masih belum mendapatkan medali di penghujung pelaksanaan Asian Games 2018.

Apakah kegagalan atlet Riau di Asian Games 2018 karena belum maksimalnya pembinaan? Hal ini pun ditepis Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, Emrizal Pakis. Ia menyatakan, kegagalan atlet Riau di Asian Games tidak menjadi cerminan pembinaan selama ini.

Loading...

"Jelas, prestasi atlet kita di Asian Games bukan cerminan dari progres pembinaan kita selama ini. Sebab, ada ribuan atlet Indonesia yang berlaga di Asian Games dan Riau hanya menurunkan beberapa atlet saja," kata Emrizal berbincang dengan GoRiau.com, Jumat (31/8/2018) sore.

"Seperti halnya Azzahra, yang bersama tim renang Indonesia. Tapi, sampai sekarang renang Indonesia belum meraih medali di Asian Games, bukan Azzahra dan Vanessa saja. Artinya, bukan karena kita (Riau) gagal dalam melatih," tegasnya.

Dilanjutkan Emrizal, untuk Asia Tenggara, cabor renang dipegang oleh Cina, Jepang dan Korea yang diakui dunia. Jadi, memang cukup sulit bagi atlet renang Indonesia, khususnya Riau, Azzahra dan Vanessa mampu mengungguli lawan yang tangguh tersebut.

"Meski gagal, Azzahra cukup mendulang prestasi nasional di Asian Games 2018. Azzahra berhasil memecahkan rekor renang nasional dan ini membanggakan bagi kita," imbuh Emrizal Pakis.

Masih kata Emrizal, Jika ada atlet Riau yang belum berhasil di Asian Games 2018 ini, bukan berarti atlet tersebut gagal. Karena, atlet-atlet ini bertanding dan bertarung pada ajang Asia yang banyak negara-negara lainnya memiliki atlet lebih tangguh dari Indonesia.

"Atlet kita sudah bertanding dan tampil maksimal di Asian Games 2018. Jadi, kita tidak berikan mereka (atlet Riau) tekanan mental dengan harus meraih prestasi. Kita hanya inginkan mereka bisa bertanding dengan maksimal," tukas Emrizal.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar