Pekanbaru

Meski Mengenyam Pendidikan Barat, Kesantunan Sandiaga Uno Tiru 'Sang Guru Etiket' Mien R Uno

GILANGNEWS.COM - Sandiaga Uno sampai di Pekanbaru, Riau, Selasa (4/9/2018) pagi ini. Ia keluar dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II dengan langkah tegas namun tetap santun dan menebar senyum. Penyambutannya pun tak ubahnya pejabat tinggi negara, meski saat ini, Sandi baru akan bertarung di Pilpres 2019.

Hadir di Pekanbaru dan melakukan kunjungan ke sejumlah tempat keramaian, seperti Pasar Cik Puan, Sandiaga yang lahir di Rumbai, Pekanbaru ini memang memberi harapan baru untuk Indonesia. Ditangannya Indonesia berharap sejajar dengan negara-negara lain di Asia dan juga mencapai tujuan utama berdirinya Republik Indonesia yaitu kesejahteraan rakyat.

Pencalonan Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden membuat banyak orang berharap pemuda tampan ini mampu mengubah Indonesia. Dan itu sebuah kewajaran, karena meski mengenyam pendidikan barat, namun hingga kini Sandiaga tetap orang Timur yang santun dan menjunjung tinggi kebudayaan lokal bahkan seluruh tata krama dan etiket keindonesiaan.

Melihat Sandiaga di Pekanbaru dengan sopan santun yang lahir dari dalam dirinya, sebenarnya kita diajak mengenang kembali ''sang guru etiket'' Mien R Uno yang pernah membuka kursus kepribadian di Pekanbaru tahun 1990-an. Mien R Uno adalah ibu kandung Sandiaga Uno, dia adalah guru kepribadian Indonesia yang menempatkan adap sebagai salah satu tolak ukur relationship sesama manusia.

Di Pekanbaru, Mien R Uno membuka kursus kepribadian di Mutiara Merdeka Hotel. Ia mengajarkan para ibu-ibu bagaimana mengatur rumah tangga, berbicara, mengeluarkan pendapat hingga tata krama makan yang sebaiknya. ''Kita harus punya etiket jika ingin berhasil,'' ujar Mien R Uno saat ditanyai wartawan beberapa tahun lalu.

Di dunia pendidikan, ibu Sandiaga, Mien R Uno bukanlah wanita sembarangan. Setiap sikapnya begitu terjaga dan mencerminkan rasa percaya diri yang tinggi. Wanita kelahiran Indramayu, 23 Mei 1941 ini memang seorang pakar etiket dan pengembangan diri. Bukan hanya mendirikan lembaga kursus, Mien R Uno juga banyak melahirkan buku-buku etiket.

Selain sebagai ibu rumah tangga, juga tercatat pernah mengajar di Martha Tilaar Beauty Gallery dan menjadi mengasuh acara ''Dunia Wanita'' di TVRI. Dan berbagai penghargaan juga pernah diraihnya seperti Recognition of Excellence 1987, The Most Outstanding Performance 1988, Public Figure 1990, Top Executive Indonesia 1992 - 1993, Citra Wanita Pembangunan Indonesia 1994, Indonesian Woman of The Year 1995, Citra Abadi Pembangunan Nasional 1996, Globe Asia 99, Most Powerful Women dan Permata Pertiwi 2008. Tak hanya itu, namanya bahkan sempat terdaftar sebagai 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia versi majalah Globe Asia Oktober 2007.


Tulis Komentar