Nasional

Palu Diguncang Gempa 5,1 Skala Richter

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Sebagian warga Kota Palu di Provinsi Sulawesi Tengah berhamburan keluar rumah menyusul gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richther (SR) yang terjadi pada Sabtu (22/9) sekitar pukul 06.20 WIB.

Berdasarkan pantauan Antara, di kawasan Jalan Kancil, Palu Selatan, banyak warga berlarian keluar rumah karena khawatir dampak yang ditimbulkan gempa itu.

Denny, seorang warga di kawasan itu mengatakan getaran gempa dirasakan cukup keras.


Gempa membuat kaca rumah bergetar dan beberapa benda yang digantung di dinding rumahnya berjatuhan.

Palu merupakan jalur utama sesaran gempa Palukoro. Bisa dibilang hampir setiap hari terjadi gempa.

Hanya saja memang gempa skala kecil sehingga terkadang tidak dirasakan getarannya oleh masyarakat di ibu kota Provinsi Sulteng itu.

Hal senada juga disampaikan Marten, warga Jalan Lembu.

Ia mengatakan saat gempa, semua isi rumahnya langsung berhamburan keluar rumah.

Dia juga mengaku getaran gempa dirasakan cukup keras.

Dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palu melaporkan gempa bumi yang menguncang Palu berlokasi 0.83 LS-119.83 BT.

Kedalaman gempa berada 10 km dan wilayah 9 km barat laut Kota Palu serta dipastikan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG setempat juga mencatat selama empat bulan terakhir terjadi gempa bumi di sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah, 30 kali setiap hari.

"Baik yang dirasakan maupun tidak dirasakan masyarakat, rata-rata 30 kali setiap hari," kata Kepala Geofisikan Palu Cahyo Nugraha.

Ia menyebut peristiwa tersebut dipicu gempa lokal dan Sesaran Palukoro.

Sesaran Palukoro merupakan satu-satunya di Indonesia. Sesaran itu sangat aktif sehingga perlu diwaspadai masyarakat.

Dia menjelaskan sesaran Palukoro membentang dari Poso ke arah tenggara dan barat laut sampai barat Perairan Kabupaten Tolitoli.

Ke selatan, sesaran Palukoro bercabang ke sesaran Matano mulai sekitar Poso, Morowali, sampai Sorowako, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Ia menjelaskan gempa dengan guncangan kuat akan menimbulkan kerusakan bangunan.

Hingga berita ini dilaporkan belum ada informasi soal dampak yang ditimbulkan akibat gempa bumi yang terjadi di Palu itu.


Tulis Komentar