Nasional

Ratna Sarumpaet Tak Lapor Polisi karena Pesimis Diproses

Solidaritas untuk Ratna Sarumpaet.

GILANGNEWS.COM - Ketua Dewan Pembina Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Habiburokhman mengatakan bahwa aktivis Ratna Sarumpaet merasa pesimis bila melaporkan dugaan penganiayaan yang menimpa dirinya ke pihak kepolisian.

Habiburokhman menyebut Ratna khawatir laporannya tersebut tak ditindaklanjuti.

"Masalahnya kak Ratna Sarumpaet ini pesimis kalau buat laporan ke polisi, apakah laporannya ditindaklanjuti sampai pelaku atau orang yang menyuruh melakukan bisa mempertanggungjawabannya," kata Habiburokhman dalam acara 'Solidaritas Demokrasi untuk Ibu Ratna Sarumpaet', di Menteng, Jakarta, Selasa (2/10).

Habiburokhman, yang juga Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu mengatakan Ratna masih trauma dengan kejadian yang dialaminya pada 21 September 2018 lalu. Menurutnya, Ratna khawatir akan ada kekerasan lanjutan di kemudian hari.

"Beliau juga agak merasa trauma atas apa yang terjadi, belum tentu yang terjadi hari ini adalah akhir, bisa jadi ada yang lebih," ujarnya.

"Sehingga kami hormati keputusan beliau belum mau membuat laporan ke polisi," kata Habiburokhman melanjutkan.

Meskipun demikian, Habiburokhman mengajak rekan-rekannya untuk membujuk Ratna agar membuat laporan kepada polisi. Dia juga meminta kawan-kawan seperjuangan menjaga Ratna mengantisipasi agar kejadian pemukulan tak terulang.

"Mungkin kawan-kawan yang dekat dengan Kak Ratna, meyakinkan ke beliau agar kasus ini tidak dibiarkan begitu saja. Karena kita khawatir jangan sampai ada yang namanya arisan kekerasan," kata dia.

Menurut Habiburokhman, pihak kepolisian seharusnya juga pro aktif mengusut pemukulan Ratna di Bandung, Jawa Barat. Dia menduga kasus pemukulan Ratna ini bukan masalah pribadi. Habiburokhman menyebut Ratna tak memiliki musuh pribadi.

Ratna diketahui memang belum melapor ke pihak kepolisian atas perisitiwa yang dialaminya. Pihak kepolisian masih akan menyelediki penganiyaan yang terjadi pada 21 September lalu itu.


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar