Dunia

5 Rekor yang Bica Pecah di MotoGP Jepang 2018

Ada lima rekor yang bisa dipecahkan di MotoGP 2018.

GILANGNEWS.COM - MotoGP Jepang 2018 yang akan digelar pada Minggu (21/10) berpotensi memecahkan sejumlah rekor. Berikut rekor yang bisa terpecah di Sirkuit Twin Ring Motegi.

Musim lalu Andrea Dovizioso berhasil mencatatkan diri sebagai yang tercepat di Motegi dibuntuti Marc Marquez dan Danilo Petrucci. Adapun Jorge Lorenzo hanya finis di posisi enam sementara Valentino Rossi gagal melanjutkan balapan setelah mengalami kecelakaan di lap kelima.

1. Jika Marc Marquez (Repsol Honda) meraih pole position maka pebalap asal Spanyol tersebut berhasil mengamankan posisi pole di semua sirkuit kelas primer kalender musim ini.

2. Jika pengendara asal Jepang meraih podium di ajang Moto3 - Ini akan menjadi pertama kalinya dari pembalap Jepang kelas ringan menaiki podium sejak kali terakhir pada 2010 (Tomoyoshi Koyama - German GP).

3. Jika Andrea Dovizioso (Ducati Team) meraih podium - ini akan menjadi podium ke-50 nya di kelas primer.

4. Jika Valentino Rossi juara (Movistar Yamaha MotoGP) maka ia akan menjadi pebalap kelima tertua yang meraih podium pertama di MotoGP, yakni 39 tahun dan 247 hari.

Sementara pengendara tertua lainnya yang berhasil memenangkan podium adalah Fergus Andreson (44 tahun 237 hari), Jack Findlay (42 tahun 85 hari), Les Graham (41 tahun 21 hari), Jack Ahearn (39 tahun 327 hari), Harold Daniell (39 tahun 240 hari), dan Frantisek Stastny (38 tahun 247 hari).

5. Jika Marquez menang di MotoGP Jepang maka ia berhak atas gelar juara dunia. Pebalap berusia 25 tahun itu juga akan menjadi pebalap termuda yang meraih gelar juara dunia untuk kali ketujuh di semua kelas dan lima di antaranya di kelas MotoGP.


Tulis Komentar