Pekanbaru

Hoax Harus Diberantas Bersama

GILANGNEWS.COM - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal MPd menegaskan penyebaran isu dan informasi hoax harus dibumihanguskan.

"Kami sepakat bahwa hoax itu harus diberantas bersama-sama," ujar Jamal saat menerima audiensi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pekanbaru terkait pelaksanaan deklarasi Pemuda Riau Melawan Hoax," Selasa (23/10) di ruang kerjanya.

Jamal menyebutkan, dengan maraknya berita-berita tentang hoax akhir-akhir ini, makanya generasi milenial harus pintar-pintar dan lebih cerdas dalam menyaring serta mencerna menerima berbagai informasi yang diterima.

"Deklarasi Pemuda Riau Melawan Hoax yang ditaja PWI Kota Pekanbaru ini sangat bagus dan positif. Terlebih ditengah maraknya peredaran hoax saat ini. Generasi muda harus menjadi garda terdepan dalam melawan hoax. Makanya, kami dari Disdik Pekanbaru mensupport penuh kegiatan ini. Para pelajar di Pekanbaru, khususnya SMP harus berpartisipasi dalam giat melawan Hoax  bersama PWI," tegasnya.

Diakui Jamal, melawan hoax memang harus dilakukan sejak dini. Sasaran yang pas memang dimulai dari sekolah-sekolah. Itu dikarenakan generasi muda atau milenialnya yang begitu peka dengan kemajuan teknologi.

"Kami siap mengarahkan sekolah untuk berpartisipasi dalam giat melawan hoax. Apalagi kegiatan ini juga diisi dengan berbagai kreatifitas yang mampu mengembangkan bakat-bakat generasi muda ke arah yang positif, seperti lomba cipta lagu, lomba meme kreatif dan giat lainnya," terang Jamal.

Sementara itu, Ketua PWI Pekanbaru, Agustiar SSOs menjabarkan, berita bohong atau hoax serta ujaran kebencian melalui media social memang sangat berbahaya belakangan ini. Maka dari itu pihaknya meminta dan mengajak masyarakat untuk sama-sama memerangi hoax tersebut.

"Mari bersama melawan hoax. Saring sebelum sharing. Intinya, pastikan dulu kebenaran informasi yang diterima sebelum menyebarluaskan," beber Agustiar.


Tulis Komentar