Nasional

KPK Akan Periksa Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, Kamis, 1 November

Wakil Ketua DPR M Taufik Kurniawan usai diperiksa KPK terkait kasus dana perimbangan daerah, Rabu (5/9/2018).

GILANGNEWS.COM - Penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan pada Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, Kamis (1/11). Taufik akan jalani proses pemeriksaan dalam perkara dugaan suap terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen yang membelitnya.

"Iya (besok kami periksa)," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (31/10).
Ini adalah pemeriksaan pertama Taufik Kurniawan setelah KPK menetapkan politikus PAN itu sebagai tersangka. Febri meminta Taufik untuk kooperatif dengan memenuhi panggilan tersebut.

"Kami imbau agar saudara TK (Taufik Kurniawan) koperatif dan datang pada pemeriksaan besok," kata Febri.

KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka dugaan suap sebesar Rp 3,65 miliar. Diduga, suap itu merupakan fee agar Taufik Kurniawan memuluskan pencairan Dana Alokasi Khusus untuk Kebupaten Kebumen pada tahun 2016.

Penetapan tersangka Taufik ini merupakan pengembangan dari kasus dugaan suap yang menjerat Yahya Fuad. Yahya merupakan tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di APBD tahun anggaran 2016. Yahya dinilai terbukti menerima suap yang totalnya mencapai Rp 12,03 miliar.

Nama Taufik Kurniawan sempat disebut dalam sidang perkara dugaan suap di Kabupaten Kebumen. Namanya disebut oleh Yahya Fuad yang ketika itu dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan untuk terdakwa lain.

Dalam keterangannya, Yahya mengaku bahwa ia menerima suap terkait pengadaan barang dan jasa di APBD tahun anggaran 2016. Ia juga mengakui uang yang diterimanya itu diberikan kepada salah satu pimpinan DPR, yakni Taufik Kurniawan.
\
Yahya mengaku dua kali bertemu dengan politikus PAN itu untuk membahas Dana Alokasi Khusus untuk Kabupaten Kebumen. Dari pertemuan itu, kata Yahya, ada kewajiban sebesar 5 persen yang harus diberikan jika DAK sebesar Rp100 miliar nanti cair.
Uang fee tersebut diberikan dua kali melalui orang suruhan Taufik di Semarang. Yahya meyakini orang yang menerima uang tersebut merupakan suruhan Taufik karena sempat mengonfirmasi perihal sudah sampainya uang permberian itu.

Taufik Kurniawan maju sebagai anggota DPR yang berasal dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII. Daerah tersebut meliputi Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen. Dua dari tiga kepala daerah tersebut sedang berurusan dengan KPK terkait kasus dugaan korupsi.


Tulis Komentar