Nasional

Ikan Aneh Ini Ditemukan di Pantai Kalasey Minahasa

Jefrry Nggala memperlihatkan ikan aneh mirip hiu yang ditemukannya di pantai Kalasey, Minahasa, Minggu (7/8/2016)
Gilangnews.com - Seorang anggota polisi, Jefrry Nggala yang sehari-hari berdinas di Polsek Urban Wanea menemukan seekor ikan yang cukup aneh dan langka, Minggu (7/8/2016).
 
"Ikan itu saya temukan di pantai Kalasey, Minahasa pagi tadi sekitar pukul 9.30 Wita. Saat ditemukan ikan itu memang sudah mati, tetapi mungkin belum lama mati," jelas Jefrry.
 
Ikan yang bentuknya mirip hiu dan sedikit aneh itu kini disimpan di rumahnya dengan pendingin es sambil menunggu ada pihak yang berkompoten datang menelitinya.
 
Jefrry pun memotret ikan itu dan mengunggahnya di akun Facebook miliknya. Postingan Jeffry sontak menarik perhatian banyak pihak, karena ikan unik tersebut tidak pernah terlihat sebelumnya.
 
"Waktu saya temukan, matanya berwarna ungu. Saya coba cari referensi di internet, mungkin ini ikan yang cukup langka," kata Jefry.
Ikan berukuran panjang sekitar satu meter itu berwarna cokelat gelap dan mempunyai ekor dan sirip seperti hiu. Tetapi moncong dan matanya agak aneh.
 
Salah satu dosen dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi Manado, Dr Edwin Ngangi, mengaku telah mendapat informasi mengenai ikan tersebut.
 
"Besok kami akan ke sana, untuk melihat dan mencoba memeriksa jenis ikan tersebut," ujar Ngangi.
 
Beberapa pihak juga menyatakan ketertarikannya untuk ikut meneliti tentang ikan tersebut. Dalam dunia perikanan, perairan Sulawesi Utara dikenal masih menjadi tempat hidup ikan purba, Coelacanth atau Latimeria menadoensis. Dari beberapa referensi situs, kemungkinan spesies yang ditemukan oleh Jefrry merupakan Oxynotus brunensis.
 
[P]
 
Sumber Kompas.com 


Tulis Komentar