Nasional

PKL di Jalan Teratai Bakal Dialihkan ke Pasar Higienis dan PMJ

GILANGNEWS.COM - Keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Teratai sekitarnya sudah dikeluhkan banyak kalangan sejak lama. Selain menjadi penyebab kemacetan lalu lintas, keberadaan PKL yang seharusnya sudah sejak lama dipindahkan ke dalam pasar higienis, sampai saat ini masih belum terealisasikan.

Kepala Badan Satuan Polisi Pamong Praja Pekanbaru, Agus Pramono, mengatakan, pihaknya sudah melayangkan sebanyak 400 lebih surat peringatan kepada para pedagang. Dan meminta agar mereka segera pindah sendiri ke dalam Pasar Higienis yang berada tak jauh dari lokasi berdagang saat ini.

“Surat peringatan itu meminta para pedagang untuk segera mengosongkan lokasi berdagang mereka saat ini menggunakan badan jalan, trotoar. Karena mengganggu estetika dan menyebabkan kemacetan,” kata Agus, Jumat (23/11/2018).

Meski tak memberi batas waktu pengosongan area, Agus menegaskan, untuk melakukan hal tersebut semua harus dikoordinasikan dengan OPD terkait.

“Kita tak ada beri tenggat waktu, yang jelas segera pindah. Karena rencana pengosongan ini sudah lama. Tapi karena masih terdapat kendala masih diurungkan. Makanya semua harus dikoordinasikan dengan matang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, mengatakan terkait kesiapan Pasar Higienis yang akan dijadikan tempat penampungan para pedagang sudah siap ditempati. “Untuk pasar higienis sudah siap untuk ditempati pedagang,” ujarnya.

Saat ditanyakan, berapa kapasitas dari Pasar Higienis untuk bisa menampung para pedagang, Ingot, mengatakan, sebanyak 150 orang dan sisanya akan dialihkan ke Pasar Peputra Maha Jaya (PMJ). 

“150 pedagang bisa ditampung di Pasar Higienis. Semua fasilitas yang sebelumnya hilang dan rusak sudah diganti dan diperbaiki. Yang jelas pasar sudah siap dijadikan untuk berdagang. Sisa pedagang lain akan kita alihkan ke PMJ, barusan kita koordinasi ada sekitar 350 kios di sana,” pungkasnya.


Tulis Komentar