Pekanbaru

Rp. 873 Juta Dana Bantuan Lombok dan Palu dari Pemko, PMI dan PWI Pekanbaru Siap Dikirimkan

Sekretaris Kota Pekanbaru HM Noer

GILANGNEWS.COM - Bencana alam yang terjadi di Lombok dan tsunami di Palu menyisakan luka mandalam bagi para korban. Namun dalam upaya untuk memberikan bantuan kemanusiaan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah mengumpulkan uang sejumlah Rp873 juta yang segera diantar langsung ke dua tempat itu.

Rinciannya dari ASN dan honorer Pemko Pekanbaru Rp 441.331.700, ditambah sumbangan yang terkumpul oleh PMI Pekanbaru mencapai Rp 396.717.500.

Sementara itu, direncanakan akan ikut dikirim bersama ke Palu bantuan dari PWI Pekanbaru mendapatkan Rp40 juta yang dihasilkan dari lelang foto pada giat Deklarasi Pemuda Riau Melawan Hoax 28 Oktober kemarin.

Terkait hal ini, Sekretaris Kota Pekanbaru HM Noer menyatakan akan segera mengirimkan semua donasi yang sudah terkumpul ini secara langsung ke lokasi bencana di Palu, dan Lombok. 

"Insya Allah, semua sumbangan dalam bentuk uang ini akan segera kita salurkan. Ini adalah bentuk perhatian kita warga Pekanbaru kepada saudara kita yang terkena musibah. Semoga bisa cepat recovery," terang M Noer yang juga Ketua PMI Pekanbaru, akhir pekan kemarin.

Sebagaimana diketahui, inisiasi pengumpulan dana ini dilakukan oleh Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus MT dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE).

Dalam SE tersebut, seluruh ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru diwajibkan menyumbang melalui pemotongan tunjangan sesuai jabatannya. Potongan berkisar antara Rp50ribu - Rp100ribu per orang. Sementara itu, PMI membuka donasi untuk Palu dan Lombok dan yang paling banyak menyumbang adalah siswa sekolah. 

"Sebelumnya, sumbangan sukarela dari ASN untuk Lombok itu sudah terkumpul Rp11 jutaan. Tapi nanti kita bulatkan jadi Rp100 juta dari sumbangan tadi," terangnya.

Untuk mengantarkan langsung donasi dari masyarakat Pekanbaru ke Lombok dan Palu itu, dijadwalkan 6 Desember mendatang. Namun ini menunggu kesiapan Wali Kota Pekanbaru, bersama PMI dan PWI Pekanbaru.

‘’Kita ingin Pak Wali Kota kita, Pak Firdaus yang langsung menyerahkan bantuan ini kepada masyarakat yang terkena musibah itu, tentu melalui pemerintah setempat, dan juga PWI setempat,’’ katanya lagi.
 
M Noer berharap, soal jadwal dan kesiapan orang nomor satu di Pekanbaru ini bisa bersama-sama tim yang dikirim nantinya. ‘’Sampai kini saya masih terus koordinasi untuk pengantaran ini, mudah-mudahan tidak ada masalah,’’ tutupnya.


Tulis Komentar