Nasional

Hari Ini Nanik dan Rocky Gerung Dipanggil Polisi soal Ratna

Ratna Sarumpaet.

GILANGNEWS.COM - Polisi akan memeriksa Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Nanik S Deyang dan pengamat politik Rocky Gerung dalam kasus penyebaran hoaks Ratna Sarumpaet. 

Rencananya pemeriksaan akan dilakukan di Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/11). Keduanya diperiksa sebagai saksi kasus penyebaran hoaks tersebut.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono menyatakan surat sudah dilayangkan bersamaan dengan pemanggilan ahli filsafat Rocky Gerung.

"Ibu Nanik (dipanggil) hari Selasa jam 14.00 WIB," kata Argo di Polda Metro Jaya.

Pemeriksaan Nanik S Deyang hari ini merupakan pemeriksaan yang kedua kali. Pada Oktober 2018, polisi telah memeriksa Nanik dalam kasus yang sama. Ketika itu, Nanik dicecar 30 pertanyaan oleh penyidik.

Ratna Sarumpaet telah ditahan sejak 5 Oktober 2018 usai ditetapkan sebagai tersangka penyebaran hoaks soal penganiayaan. 

Dia dijerat Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kasus itu bermula ketika foto wajah Ratna lebam beredar di media sosial. Sejumlah tokoh menyebutkan Ratna dipukuli di Bandung. Tapi, kemudian Ratna menyatakan bahwa kabar pemukulannya bohong. DIa lebam karena menjalani operasi plastik.

Polisi juga telah memeriksa beberapa saksi diantaranya Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak. Kemudian mantan ketua umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, dan dokter bedah plastik Siddik.

Argo mengatakan pemeriksaan Nanik dan Rocky hari ini merupakan langkah penyidik untuk melengkapi berkas Ratna. Penyidik, nantinya bakal mencari informasi tentang alur foto Ratna.

Polisi juga bakal mengorek ulang soal pengiriman foto lebam muka Ratna di media sosial.

Argo juga berharap Rocky dan Ratna membawa dokumen atau bukti perkara berkaitan dengan perkara tersebut apabila memilikinya. 

Rocky Gerung dan Nanik belum berkomentar terkait pemeriksaan tersebut.


Tulis Komentar