Pekanbaru

Bangun Tol Riau-Sumbar, PT Hutama Karya Mulai Mobilisasi Peralatan dari Sicincin ke Pekanbaru

Ilustrasi.
Loading...

GILANGNEWS.COM - PT Hutama Karya (HK) mulai melakukan penyusuan trase jalan tol Pekanbaru-Padang yang akan dimulai dari Pekanbaru-Bangkinang. Bahkan PT HK sudah mulai memobilisasi peralatan dari Sicincin, Sumbar, ke Pekanbaru.

"Mereka (HK) sedang melakukan penyusunan trase, karena keinginan penyandang dana mengingkan tol Pekanbaru-Padang seksi 1 dimulai dari Pekanbaru-Bangkinang," kata Asisten II Setdaprov Riau, Masperi, kepada CAKAPLAH.com, Jumat (7/12/2018). 

Pertimbangan tol Pekanbaru-Padang yang awal seksi 1 Sicincin-Padang beralih ke Pekanbaru-Bangkinang. Karena ruas trasenya lebih banyak melintasi lahan masyarakat dan perkebunan.

"Kalau dari Riau pembebasan lahan tidak terlalu sulit seperti di Sumatera Barat (Sumbar). Di sana banyak tanah adat yang tak bisa individual karena statusnya hak komunal. Artinya tidak bisa dilakukan dengan satu orang, tapi harus melalui masyarakat adat," ujarnya.

Loading...

Ditanya kapan HK mulai bekerja untuk seksi 1 Pekanbaru-Bangking, Masperi belum bisa menentukan kapan jadwal pastinya.

"Yang jelas penugasan pengerjaan seksi 1 tol Pekanbaru-Padang dimulai dari Pekanbaru-Bangkinang, dan HK sudah mulai mobilisasi peralatan dari Sicincin ke Riau, tinggal nanti penentuan trase," paparnya. 

Ketika trase sudah, jelas Masperi, maka HK sudah bisa bekerja. Sedangkan untuk penentuan lokasi (Penlok) akan melihat tingkat kesulitan di lapangan. 

"Kalau di sisi kiri jalan nasional kan harus melewati lapangan tembak, sedangkan sisi kanan lebih banyak melintasi perkebunan. Sehingga lebih mudah dalam urusan pembebasan lahan. Jadi sampai saat ini belum ada penetapan penlok dimana seksi satu akan dimulai," cakapnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar