Nasional

Misteri Asal-Usul Senjata Modern Egianus Kogoya Cs

Egianus Kogoya.

GILANGNEWS.COM - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya menembak mati sejumlah pekerja Trans Papua di Kabupaten Nduga, Papua. Asal-usul senjata yang dimiliki kelompok tersebut masih misterius. 

"Mereka bersenjata modern, dari mana? Senjata itu dari mana?" ucap mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono saat berbicara soal insiden pembunuhan oleh KKB Papua di Sespim Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (11/12/2018).

Hendropriyono mengaku tak tahu asal-usul senjata modern yang dimiliki oleh Egianus Cs. Namun dia berkeyakinan hal tersebut akan segera terungkap.

Dia mengisyaratkan ada andil dari pihak tertentu terkait senjata modern tersebut. "Kita enggak ngerti. Tapi nanti juga akan terungkap. Mudah-mudahan kita bisa segera mengungkap siapa yang main di sini," kata Hendropriyono.

Menurut Hendropriyono, Egianus sempalan dari Kelly Kwalik yang merupakan pemimpin separatis senior dan komandan dari sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM). Kelly tewas pada 2009 dalam serangan polisi di Timika, Papua. Setelah Kelly tewas, Egianus kemungkinan membuat kelompok sendiri.


Tulis Komentar