Pekanbaru

Pantau Perbaikan Pasca Tahanan Kabur Menkum HAM Kunjungi Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru

Loading...

GILANGNEWS.COM - Dalam kunjungannya ke Riau, Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) RI, Yasonna L Laoly mengagendakan untuk mengunjungi Rutan Kelas IIB Pekanbaru di Jalan Sialang Bungkuk. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melakukan peninjauan terhadap kondisi rutan beserta para tahanannya.

Menkum HAM dalam kunjungannya ke Rutan Sialang Bungkuk tadi juga didampingi oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) dan rombongan lainnya.

Disampaikan Yasonna bahwa kunjungannya ke Rutan Pekanbaru dikhususkan untuk melihat kondisi rutan pasca terjadinya kerusuhan dan kaburnya ratusan napi di 2017 lalu. Ia melihat kondisi rutan saat ini sudah jauh lebih baik.

"Kita lihat kondisinya sudah jauh berbeda. Lebih baik, lebih aman dan lebih teratur," ujar Yasonna usai melihat kondisi rutan pada Kamis (13/12/2018).

Loading...

Yasonna juga meminta agar pihak rutan terus menjaga kondisi di dalam tetap baik. Sehingga kejadian-kejadian seperti tahun tidak kembali terulang.

Namun, Yasonna juga mengakui bahwa kondisi kapasitas lapas tidak ideal. Ia menyebutkan persoalan over kapasitas ini tidak hanya terjadi di Riau, tapi hampir di seluruh Indonesia.

"Ini masalah nasional. Nanti ketika lapas khusus narkotika di Rumbai selesai, akan dapat mengurangi jumlah tahanan di sini," ujarnya.

Untuk tahanan yang hingga saat ini masih ada yang belum ditahan, Yasonna menegaskan pihaknya akan terus memburu mereka. Perburuan ini dilakukan hingga tahanan tersebut berhasil ditangkap.

Kapasitas ideal di Rutan Sialang Bungkuk sekitar kurang dari 600 orang. Sementara jumlah saat ini sudah lebih dari 1.600 orang.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar