Nasional

Aksi heroik Sersan Mayor Misbah selamatkan puluhan orang

Sersan Mayor Musbah
Gilangnews.com - Aksi Sersan Mayor (Serma) Musbah berhasil menyelamatkan puluhan nyawa. Babinsa di Koramil Maligano, Kodim 1416/Muna ini menolong korban terbakarnya Kapal Lintas Biru Nusantara jurusan Raha-Maligano. 
 
Aksi heroik tersebut mendapat apresiasi dari sejumlah pihak termasuk dari Komandan Korem (Danrem) 143/Haluoloe Kendari, Kolonel Inf Immanuel Ginting.
 
Kolonel Inf Immanuel Ginting mengatakan, berkat kecepatan dan keberanian Serma Musbah dalam memberikan pertolongan banyak penumpang yang bisa diselamatkan.
 
Kronologi peristiwa tersebut terjadi saat Serma Musbah sedang melintas menggunakan perahu mesin tempel (katinting) miliknya dari pelabuhan Maligano menuju Raha. Dia melihat sebuah kapal motor yang terbakar, penumpang terlihat sangat panik.
 
"Melihat ada kepulan asap di tengah laut, Serma Musbah kemudian datang menghampiri dan melihat kapal sudah terbakar hebat. Beberapa penumpang panik dan ada yang terjebak di tengah kobaran api," ujar Kolonel Inf Immanuel Ginting.
 
Melihat kondisi tersebut Serma Musbah langsung menyelamatkan satu persatu penumpang ke atas perahu miliknya. 
 
"Penumpang tersebut kemudian dibawa ke perahu lain yang lebih besar, kemudian Serma Musbah kembali ke lokasi kejadian untuk mengangkut kembali satu per satu korban yang masih terapung," katanya.
 
"Keberadaan dia di sana banyak menyelamatkan masyarakat. Ini merupakan panggilan hati nurani," tutur sang komandan.
 
Kapal Motor Lintas Biru Nusantara rute Raha-Maligano terbakar dan tenggelam di perairan Selat Buton saat mengantar 24 orang penumpang. Akibat kecelakaan tersebut enam orang meninggal dunia, dua diantaranya adalah anak-anak dan balita. Jika Serma Musbah tak cepat bertindak, mungkin korban jiwa akan lebih banyak.
 
[P]
 
Sumber Merdeka.com


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar