Nasional

Viral Sepatu Dianggap Berlafadz 'Allah', Polisi Cek Pabrik Nike di Tangerang

GILANGNEWS.COM - Polresta Tangerang mendatangi PT Adis Dimension Footwear (ADF) yang terletak di Balaraja, Kabupaten Tangerang. Tujuan polisi adalah untuk menindak lanjuti viralnya isu soal desain sepatu yang dianggap mirip lafadz 'Allah'.

PT ADF merupakan pabrik yang memproduksi sepatu, salah satunya Nike. Kapolresta Tangerang Kombes Sabilul Alif datang bersama jajarannya untuk mengecek ada-tidaknya lafadz 'Allah' pada sepatu Nike yang tengah ramai diperbincangkan itu.

"Jadi kedatangan kami untuk menindaklanjuti informasi soal desain sepatu yang dianggap menyerupai atau mirip lafaz Allah itu," kata Sabilul dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (6/2/2019).

Di sana, Sabilul bertemu dengan jajaran direksi dan karyawan perusahaan. Sabilul juga sempat melihat-lihat proses pembuatan sepatu di pabrik tersebut.

Setelah melakukan pengecekan, Sabilul memastikan tidak ada desain sepatu berlafadz 'Allah' yang diproduksi pabrik tersebut.


"Di PT. Adis ini tidak ada seperti itu. Kami sudah cek tadi," katanya.

Lebih jauh, Sabilul meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak gegabah dalam menerima informasi. Sabilul meminta masyarakat untuk melapor ke polisi jika menemukan hal serupa.

"Laporkan ke kami agar kami yang tindak lanjuti," ujarnya.

Isu itu berkembang di sejumlah negara. Lebih dari 33.000 orang, hingga Senin (04/02), telah menandatangani petisi online mendesak Nike menarik sepatu Air Max setelah muncul klaim sol pada sepatu ini "ada tulisan Allah dalam huruf Arab".

Dikutip dari media, Selasa (5/2), petisi di situs change.org tersebut diajukan oleh Saiqa Noreen yang mengatakan logo Air Max "mirip dengan tulisan Allah dalam bahasa Arab".

Tulisan itu ditempatkan pada bagian bawah, tentu saja "tulisan ini akan diinjak dan terkena tanah bahkan kotoran", kata Noreen.


Tulis Komentar