Dunia

Myanmar Tahan 14 Imigran Ilegal yang Hendak ke Malaysia

Ilustrasi.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Myanmar dilaporkan menahan 14 imigran ilegal yang berencana berlayar menuju Malaysia pada pekan lalu.

Mengutip pemberitaan Myanmar News Agency, Senin (11/2), kantor berita Xinhua melaporkan bahwa para imigran itu ditangkap bersama dua agen penyelundup pada Rabu pekan lalu.

Mereka ditangkap oleh awak kapal Angkatan Laut Myanmar yang sedang berpatroli sekitar 4,8 kilometer dari Desa Thaechaung, Sittwe, Rakhine.

Dalam penyelidikan selanjutnya, terungkap fakta bahwa dua agen penyelundup itu meminta bayaran dari para imigran dan akhirnya menerima 3 juta kyat atau setara Rp27,3 juta dari setiap orang.

Loading...

Identitas para imigran ini sendiri belum diketahui, tapi Rakhine merupakan negara bagian Myanmar yang menjadi medan kekerasan terhadap sejumlah etnis minoritas, termasuk Muslim Rohingya.

Ini bukan kali pertama imigran mencoba kabur dari Rakhine. Pada November lalu, kepolisian Myanmar juga menahan 93 Rohingya dari Desa Sittwe yang mencoba kabur ke Malaysia.

Setelah musim muson lewat, Rohingya memang mulai menggencarkan pelayaran untuk kabur dari Rakhine.

Eksodus Rohingya ini pertama kali terjadi pada 2012, ketika kapal-kapal mereka terdampar di perairan Malaysia dan Indonesia saat menuju Australia.

Mereka kabur dari Myanmar karena penyiksaan militer di tempat tinggal mereka di negara bagian Rakhine.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar