Dunia

Legenda Timnas Inggris Gordon Banks Meninggal Dunia

Gordon Banks meninggal di usia 81.

GILANGNEWS.COM - Kiper legendaris timnas Inggris Gordon Banks meninggal dunia di usia 81, Selasa (12/2). Banks dianggap sebagai kiper terbaik timnas Inggris sepanjang sejarah.

Dikutip dari Telegraph pernyataan meninggalnya Banks diungkapkan pihak keluarga melalui Stoke City, klub yang pernah diperkuat Banks sepanjang 1967 hingga 1973.

"Dengan penuh kesedihan kami mengumumkan Gordon Banks meninggal dunia dengan damai. Kami sangat terpukul kehilangan dia, tapi kami punya banyak kenangan menyenangkan dengan dia dan sangat bangga dengannya," demikian pernyataan resmi pihak Stoke.

Banks merupakan kiper timnas Inggris ketika merebut gelar Piala Dunia 1966, satu-satunya trofi Piala Dunia yang diraih The Three Lions hingga saat ini. Empat tahun kemudian di Piala Dunia 1970 di Meksiko, Banks dikenal dengan penyelamatan luar biasa ketika menepis sundulan Pele di babak grup.

Total, Banks bermain di 628 pertandingan sepanjang 15 tahun karier di level klub bersama Chesterfield, Leicester City, Stoke City, Cleveland Stokers, Hellenic, Fort Lauderlade Strikers dan St Patrick's Athletic.

Sementara bersama timnas Inggris, Banks yang lahir di Stoke-on-Trent pada 30 Desember 1937 mengoleksi 37 caps. Banks memperkuat timnas Inggris di Piala Dunia 1966, Piala Eropa 1968 dan Piala Dunia 1970.

Sebagai pelatih, Banks hanya pernah satu kali menangani Telford United pada musim 1979/1980.


Tulis Komentar