Ekonomi

Surplus Neraca Dagang China dengan AS Menyempit

Ilustrasi.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Kinerja perdagangan China dengan Amerika Serikat (AS) awal 2019 ini anjlok. Penurunan kinerja tercermin dari surplus neraca dagang China terhadap AS.

Data pemerintah China menunjukkan pada Januari ini surplus neraca dagang mereka ke AS hanya US$27,3 miliar. Surplus tersebut turun sekitar US$2,5 miliar jika dibandingkan Desember 2018 yang masih bisa mencapai US$29,87 miliar.

Penurunan kinerja terjadi karena ekspor China ke AS pada Januari kemarin anjlok 2,4 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Di sisi lain, impor dari AS ke China juga anjlok 41,2 persen.

Surplus neraca dagang China dengan AS saat ini memang sedang dipermasalahkan oleh Presiden Donald Trump. Menurutnya, surplus tersebut terjadi akibat kecurangan dagang yang dilakukan China terhadap AS.

Loading...

Karena tuduhan tersebut, AS melancarkan serangan dagang terhadap China dengan mengenakan tarif tinggi atas impor sejumlah barang asal China. Saat ini, kedua negara tengah berunding untuk menyelesaikan perselisihan tersebut.

Mereka menargetkan perundingan bisa diselesaikan 1 Maret nanti.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar