Riau

Kebakaran Lahan di Riau Meluas

Ilustrasi.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Kebakaran lahan di Riau semakin luas dalam sepekan terakhir. Kebakaran terluas saat ini terjadi di Kabupaten Bengkalis.

"Kebakaran saat ini paling luas berada di Kabupaten Bengkalis, di sejumlah lokasi. Tim gabungan sudah berusaha melakukan pemadaman lewat darat dan udara," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger kepada media, Jumat (15/2/2019).

Edwar menjelaskan kebakaran saat ini terjadi di Kelurahan Pergam, Kecamatan Pulau Rupat, Bengkalis. Dari awalnya 5 hektare yang terbakar kini meluas menjadi 60 hektare. Selanjutnya kebakaran di Desa Teluk Lecah, Kecamatan Rupat, Bengkalis, mencapai 155 hektare.

"Kebakaran semakin luas akibat cuaca panas dan angin kencang. Saat ini api masih sulit dipadamkan karena sumber air sulit dan akses jalan jauh serta medannya juga sangat sulit dijangkau," kata Edwar.

Loading...

Kebakaran lahan lainnya, kata Edwar, terjadi di wilayah Kota Dumai. Di sana lahan yang terbakar puluhan hektare. Tim gabungan juga sudah berusaha melakukan pemadaman di lokasi.


"Tim terdiri TNI/Polri, BPBD, Manggala Agni, tim perusahaan swasta, dan masyarakat. Kita juga dibantu heli dari perusahaan swasta," kata Edwar.

Edwar menyebutkan, terhitung sejak Januari hingga 15 Februari luas kebakaran lahan di Riau sudah mencapai 497 hektare. Kebakaran ini terjadi di sejumlah kabupaten, di Rohul, Rohil, Dumai, Bengkalis, Meranti, Pekanbaru, dan Kampar.

"Kebakaran terluas sejak Januari 2019 ada di Kabupaten Bengkalis. Luas kebakarannya tercatat 322 hektare," tutup Edwar.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar